Kasubbag Teknis Hupmas KPU Kota Kediri, Yudiono.
Kasubbag Teknis Hupmas KPU Kota Kediri, Yudiono.

Raport hasil verifikasi perlengkapan persyaratan bakal calon legislatif atau bacaleg hari ini, rabu (08/05) sore akan diberikan kepada masing-masing partai melalui LO atau penghubung partai. Dari data yang sudah diverifikasi, banyak persyaratan bacaleg dari semua partai banyak yang tidak memenuhi syarat (tms).

Banyaknya berkas persyaratan yang kurang ini disampaikan langsung oleh Kasubbag Teknis Hupmas KPU Kota Kediri Yudiono. “ sebenarnya sudah lengkap, namun banyak sekali berkas persyaratan yang tidak dilegalisir. Seperti ijasah yang sudah dicopy namun tidak ada stempel resmi dari instansi pendidikan asal bacaleg,”.

Selain banyak yang tak dilegalisir, bacaleg yang mencantumkan title atau gelar dibelakang lebih dari satu title pendidikan akademis, harus serta merta mencantumkan ijasah S1 atau S2 sesuai banyaknya title yang dipasang dinama belakang bacaleg yang bersangkutan dan juga yang telah dilegalisir (basah).

Pada tahap perbaikan ini, tiap LO diminta untuk aktif bekerjasama dengan bacaleg untuk menyampaikan kekurangan persyaratan tiap calon. Ada juga persyaratanyang sudah dilegalisir namun belum di stempel oleh partai yang bersangkutan, maka hal itu menurut Yudiono bisa tidak memenuhi syarat.

Massa perbaikan bisa dilakukan mulai tanggal 09 – 22 mei 2013. Setelah disempurnakan masing-masing bacaleg, KPU akan melakukan verifikasi ulang, setelah itu bisa dikeluarkan DCS atau daftar calon sementara.

Sementara untuk juga masih banyak bacaleg yang kurang lengkap. Spesifikasinya ukuran foto harus 4×6 sebanyak 5 lembar dan asli tidak boleh scanner. Setelah itu foto juga dimasukkan dalam softcopi berupa cd. Selanjutnya tahapan setelah semua persyaratan masuk lagi ke KPU, maka sudah bisa ditentukan dcs nya. Apabila tidak ada maka persyaratan bacaleg tidak memenuhi syarat.(mc)