Ketua KPU Kota Kediri
Ketua KPU Kota Kediri

Tujuh pasangan calon walikota dan calon wakil walikota Kediri sudah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum  (KPU ) Kota Kediri. Dengan masuknya para paslon tersebut KPU  akan memverifikasi berkas pendaftaran pasangan calon yang bakal bertarung berebut kursi AG 1.

Tujuh pasangan calon walikota-wakil walikota telah resmi mendaftar ke KPU Kota Kediri hingga batas akhir pendaftaran minggu malam (kemarin, 19/05). Sebanyak tujuh pasangan tersebut terdiri lima paslon yang diusung dari jalur parpol ( partai politik), sedangkan dua dari jalur independen atau perseorangan.

Menurut Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofiq mengatakan, berkas pendaftaran para pasangan calon sudah memenuhi syarat awal yang ditetapkan.

“ KPU masih akan memverifikasi berkas ketujuh paslon, dan memberi kesempatan perbaikan berkas jika ada yang kurang,” kata Ketua KPU.

Tujuh pasangan calon walikota-wakil walikota kediri yang telah mendaftar, masing masing calon petahana Samsul Ashar-Sunardi diusung gabungan PKB, Partai Demokrat, PKS, PKNU dan PDS. Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah diusung PAN, Gerindra,PDS, Bambang Harianto -Hartono dari PDIP, Arifudin Syah – Sujatmiko diusung Golkar dan Hanura), dan Herry Muler – Ali Imron diusung Aliansi Lintas Parpol terdiri gabungan partai non parlemen, sementara dua pasangan calon independen masing masing Kasiadi – Budi Raharjo serta pasangan Imam Subawi – Suparlan.(mc)