index2

Komitmen KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota se-Jawa Timur dalam membangun sistem  keuangan yang akuntabel dan transparan terumuskan pada Rapat Evaluasi Penyusunan Laporan Rencana Aksi dan Analisis Capaian Kinerja yang dilaksanakan di The Sun Hotel, Sidoarjo pada hari Kamis, 28 April 2016. Kegiatan yang menghadirkan ketua BPK RI DR. H. Harry Azhar Aziz, MA dan Ketua KPU RI Husni Kamil Manik sebagai pemateri di Sesi I dan Arif Budiman anggota KPU RI bersama Inspektur KPU RI Adi Wijaya Bhakti pada Sesi II, diikuti oleh seluruh komisioner KPU Provinsi Jawa Timur dan Komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur beserta Sekretarisnya.

Ketua KPU RI menyampaikan bahwa KPU secara garis besar bertugas mengelola tahapan pemilu dengan segala dinamikanya dan mengelola keuangan serta logistik pemilu. Untuk pengelolaan keuangan KPU siap membangun sistem keuangan yang akuntabel dan transparan. Sebagai salah satu bukti komitmen transparansi tersebut, KPU RI mempublikasikan  DIPA-nya melalui website, termasuk juga dokumen rekapitulasi hasil pemilu. Paparan Ketua BPK RI, merupakan bekal pengetahuan bagi seluruh Komisioner KPU beserta Sekretaris agar mampu mengelola keuangan dengan baik dan sesuai aturan.

index

Hal ini menjadikan KPU aman dalam pemeriksaan keuangan dan berpotensi mendapatkan opini tertinggi, WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Predikat WTP mengandung arti, bahwa pengelolaan keuangan KPU telah dinyatakan bersih, transparan dan akuntabel. Ketua BPK RI juga memberi apresiasi yang bagus untuk hasil audit BPK di KPU wilayah Jawa Timur, karena hanya kurang dari 3% dari anggaran KPU yang tidak bisa di SPJ-kan, itupun karena merupakan kesalahan administrasi saja dan bisa diperbaiki, sehingga KPU berpotensi mendapat predikat WTP.

Jawa Timur selalu jadi sample audit BPK, karena Jawa Timur merupakan provinsi dengan entitas audity terbesar. KPU Kota Kediri yang merupakan peserta rapat evaluasi kali ini, juga mempersiapkan diri dalam mengelola keuangan yang baik, accountable dan transparan, baik pada saat tahapan pemilu, pengadaan logistik dan pengelolaan keuangannya.