Surabaya, Kamis (26 Mei 2016), bertempat di aula kantor KPU Provinsi Jatim berlangsung whorkshop “Jurnalistik” yang diikuti oleh seluruh Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam penulisan berita maupun artikel yang baik untuk jurnal dan website KPU dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu seperti yang disampaikan bapak Slamet Setioadji saat memberikan sambutan selaku panitia. Beliau juga berharap peserta dapat mensosialisasikan dan merealisasikan hasil pelatihan di tempat masing-masing meskipun non-budgeter.

UntitledPembukaan dan pengarahan disampaikan oleh Bapak Choirul Anam, Komisioner KPU Provinsi Divisi Data dan Teknis Penyelenggaraan mewakili Ketua KPU Provinsi Jawa Timur yang sedang menghadiri Rapim KPU di Manado. Beliau menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini karena baru pertama kali dilaksanakan. Semoga kegiatan semacam ini bisa membawa KPU menjadi lembaga yang lebih akuntabel dan transparan. Beliau berharap agar hasil dari kegiatan ini bisa menjadikan KPU se-Jatim maju bersama dan melanjutkan apa yang dilakukan KPU Provinsi dalam mengelola websitenya.

Acara inti menghadirkan tiga pemateri. Pemateri pertama adalah Bapak Ainur Rohim wartawan senior sekaligus direktur utama PT.Beritajatim Cyber Media yang menyampaikan materi teknik dasar penulisan berita online dan pengembangan website. Dalam jurnalistik makin banyak praktek makin baik. Pada teknik penulisan berita online beliau menyampaikan trik agar jangan terpaku menerapkan kapstok lead atau memasukkan semua unsur berita dalam lead dan menghindarkan pemakaian how lead dan why lead.

Pemateri kedua adalah Bapak Edy M. Ya’kub dari LKBN Antara Jawa timur yang menyampaikan teknik penulisan artikel jurnal. Dalam paparannya beliau menyampaikan perbedaan antara penulisan berita dan artikel. Pada penulisan berita beliau mengatakan kalau “haram” beropini karena hanya bersifat informasi kepada masyarakat sedangkan pada penulisan artikel kita bebas beropini. Beliau juga memberikan beberapa contoh gaya penulisan lead berita antara lain lead atraktif dengan anti klimak, analog maupun kutipan langsung para tokoh. Beliau juga memberikan apresiasi positif pada “jurnal ide” edisi Mei sebagai hasil karya Komisioner KPU se-Jatim.

Pemateri terakhir sekaligus memandu penyusunan RTL kegiatan di sampaikan oleh Bapak Gogot Cahyo Baskoro Komisioner KPU Jatim. Beliau menyampaikan materi pengelolaan website pada lembaga pelayanan publik. Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan tujuan dan manfaat serta langkah pengelolaan website di lingkungan KPU, termasuk evaluasi pengelolaan website selama ini.

Di akhir acara disusun RTL Kegiatan untuk dilaksanakan di daerah masing-masing antara lain:

  1. Penyeragaman content berita:
  • KPU dalam berita (Share link berita kpu.go.id, dan berita online terpercaya)
  • Berita KPU Jatim dan Kab/Kota lain (Share link berita)
  • Berita KPU Kab (Posting dan update berita yang diproduksi sendiri)
  • Opini (Diutamakan opini yang dibuat KPU Kab/Kota)
  1. Melaksanakan forum Bimtek penulisan berita online dan artikel di Kab/Kota masing-masing, dengan audience Komisioner dan Seluruh Staff;
  2. Penyesuaian penulisan berita dan artikel sesuai kaidah profesional;
  3. Membuat laporan bulanan penulisan berita/opini untuk website.