Dalam menyongsong Pilkada Kota Kediri tahun 2018 KPU Kota Kediri, melakukan kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, hal ini sesuai dengan Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor:176/KPU/IV/2016, bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain melakukan sinkronisasi DPT, DPTb1, DPTb2,  Pilpres 2014 melalui langkah sebagai berikut, (1) Berkoordinasi dengan Dispendukcapil untuk memperoleh data penduduk paling update pada bulan Juni 2016 yang sudah berusia 17 tahun  berdasarkan nama dan alamat. (2) melakukan update data melalui kelurahan-kelurahan guna pemutakhiran yang lebih akurat, yaitu dengan mengambil data penduduk yang  meninggal, pindah datang dan pindah masuk mulai bulan Juli tahun 2014 sampai dengan Mei 2016.

DPT

Proses pemutakhiran ini mengalami sedikit kendala di lapangan, diantaranya, data yang diperoleh belum sesuai dengan inpu pada aplikasi DPT, sehingga hasil yang diperoleh belum bisa sesuai harapan, tetapi untuk semester I tahun 2016 hampir semua data yang diperoleh sudah cukup bagus, seperti yang dituturkan Ibu Pusporini Indah Palupi Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Teknis Penyelenggaran dan Data.   Untuk mendukung proses pemutakhiran, kegiatan update data melalui kelurahan akan tetap dilakukan sambil menunggu data dari Dispendukcapil yang nantinya akan dijadikan sebagai pembanding.

Sebelum menginput data ke excel, hard copy dari kelurahan, data dicek dan dipilah sesuai kelompoknya, hasil yang diperoleh, ternyata proses perpindahan penduduk baik pindah datang maupun pindah masuk cukup tinggi, disebabkan muncul banyak perumahan baru di masing –masing kelurahan, maupun karena alasan pekerjaan. Proses input data, dimulai dengan memberikan catatan terhadap data pemilih di DPT Pilpres 2014, baik yang meninggal, pindah datang, maupun pindah keluar. Yang terpenting adalah data pindah keluar wilayah kota Kediri, untuk data pindah datang/keluar dalam kota secara otomatis akan tampak  dan dicek guna menghindari pemilih ganda di tingkat Kota, proses semacam ini terus dilakukan secara berkelanjutan, dengan harapan akan mempermudah kita untuk menyajikan data pemilih secara Akurat