Pelaksanaan Apel Pagi hari Senin tanggal 6 Juni 2016, terasa sangat istimewa sekali, karena bertepatan  dengan hari pertama kaum muslimin/muslimat mununaikan ibadah puasa Ramadhon 1437 H/2016 M. Ketua KPU Kota Kediri menyampaiakan, “Diawal-awal menjalankan puasa romadhon ini kondisi fisik serta stamina kita memang menurun bila dibandingkan saat kita tidak melaksanakan puasa. Namun semangat kita tidak boleh menurun, karena bekerja itu juga bagian dari ibadah.”

selamatpuasaKenapa disebut bulan penuh berkah, karena pada bulan Romadlon, semua amal ibadah dilipatgandakan, semua pahala diobral, tapi bukan berarti kemudian kita langsung mendapatkan balasan dari pahala kita, di dunia ini. karena …

ألدّنُيَا دَارُ اْلعَمَلِ لَاجَزَاءَ

Dunia ini tempatnya untuk beramal, tidak ada balasan (dari amal itu)”.

Jadi setiap orang yang beramal tidak langsung diberikan balasan didunia, orang kaya, kalau memang ditaqdirkan kaya, meskipun dia beramal juga tetap kaya, orang miskin meskipun rajin beribadah, karena taqdirnya miskin juga tetap miskin. Dan sebaliknya,

وَالْاَخِرَةُ دَارُ اْلجَزَاءَ لَاعَمَلَ 

Akhirat itu tempatnya balasan, tidak ada amal disana”.

Bahwa di akhirat itu yang ada hanya balasan dari ibadah seorang hamba di dunia, tidak ada lagi amal ibadah. Kenapa didunia tidak langsung diberikan pahalanya?, hal itu karena dunia ini tidak mampu menanggung, jika balasan amal itu diberikan, sebagai contoh, jika ada orang mau sholat qobliyah shubuh, maka balasannya adalah:

ركْعَتَاالْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْياَ وَمَا فِيْهَا

2 rekaat sholat fajar (sebelum shubuh), itu lebih baik daripada dunia dan isinya

Hanya dengan sholat 2 rekaat sebelum subuh, jika balasannya langsung diberikan oleh Allah di dunia, maka itu sudah memenuhi seluruh dunia ini, maka dari itu tidak mungkin pahala itu diberikan didunia.

Selamat menunaikan ibadah puasa, akan tetapi agenda kegiatan yang sudah diprogramkan di minggu-minggu ini tetap harus jalan. Penyelesaian kegiatan  validasi data pemilih berkelanjutan ke kelurahan-kelurahan, input data SIPP serta kegiatan  penyusunan Rencana Kebutuan Biaya (RKB) Pilkada Kota Kediri Tahun 2018 dengan menyesuaikan pada aturan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor : 43/Kpts/KPU/Tahun 2016 dan Nomor : 44/Kpts/KPU/Tahun 2016.