DSC_2878Kantor Kesbangpol Kota Kediri mengadakan Forum Diskusi Politik di Hotel Insumo Palace Kota Kediri, Senin (16/05/2016). Acara tersebut diikuti sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari perwakilan siswa-siswi SMA se-Kota Kediri.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Kesbangpol Tanto Wijohari. Hadir sebagai narasumber yakni Sunarto dari Bakesbangpol Prov. Jatim, narasumber kedua yakni Anis Iva Permatasari, SP (Komisioner KPU Kota Kediri) serta Kustanto, SH, MS (Dosen Universitas Kadiri).

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Kediri Tanto Wijohari saat membacakan sambutan Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, Sosialisasi merupakan langkah awal dari bagian pelaksanaan pemilihan kepala daerah, yang telah diselenggarakan secara nasional dan serentak bertahap sejak 9 desember 2015 yang lalu, dan untuk kota kediri rencana dilaksanakan tahun 2018. Karena itu suksesnya pilkada serentak ini memerlukan kerjasama semua pihak, penyelenggaranya memang kpu dan panwaslu, tetapi tidak lepas peran aktif semua pihak.

Pemilih pemula sebagai segmen besar dalam daftar pemilih sangat menentukan, untuk itu perlu ditumbuhkembangkan pemahaman dini akan arti pentingnya partisipasi pemilih pemula dalam kehidupan berdemokrasi. Generasi muda diajak menjadi pengawas partisipatif dalam kegiatan pemilihan. Hal ini untuk menumbuhkan kesadaran berdemokrasi di kalangan para pemilihpemula.

Pada kesempatan ini, peserta sosialisasi diharapkan untuk berperan aktif pada sesi tanya jawab mengenai hal-hal yang kurang jelas dalam pelaksanaan sosialisasi ini, sehingga dalam pelaksanaan pemilu nanti dapat berjalan dengan sukses.