Pelatihan jurnalistik dasar yang dilaksanakan di Aula KPU Kota Kediri pada Selasa (14/6) diikuti oleh semua staf Sekretariat dan Komisioner KPU Kota Kediri. Pelatihan ini menghadirkan wartawan senior, Zaenal Arifin sebagai pemateri. Sebagai mantan anggota Komisioner KPU Kota Kediri, beliau menekankan bahwa materi pelatihan kali ini, adalah dasar kaidah jurnalistik dalam pembuatan tulisan, baik artikel maupun berita.
DSC01479Pada dasarnya menulis itu mudah, hanya saja harus memenuhi beberapa kriteria dasar jurnalistik, agar bisa layak di jadikan suatu berita. Suatu kejadian bisa jadi berita ketika menyangkut kepentingan orang banyak atau bersifat umum, berdasarkan fakta, unik dan menyangkut aktivitas seorang tokoh. Selain itu dalam sebuah berita harus memunculkan atau memberi jawaban atas pertanyaan yang meliputi 5 W (what, who, when, where, why) dan 1 H (how). Dalam proses pembuatan tulisan, pemateri yang juga seorang dosen, menyampaikan bahwa sebuah berita itu harus singkat, padat dan tidak menimbulkan multitafsir.
Struktur penulisan menggunakan kaidah piramida terbalik, dengan urutan Lead sebagai pembuka, tubuh berita dan penutup. Urutan itu harus runtut dan tidak boleh dibolak-balik, jawab pemateri saat ada peserta yang bertanya apakan urutan itu sudah baku. Pada akhir sesi pemateri mengajak semua peserta untuk praktek menulis dengan tema kegiatan pelatihan jurnalistik kali ini. Hasil tulisan peserta tersebut langsung mendapatkan apresiasi dan masukan dari pemateri.