20160721_091954

Kediri(21/07) KPU Kota Kediri terus berkomitmen untuk melaksanakan Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor:176/KPU/IV/2016 tentang pemutakhiran data pemilih berkelanjutan pada semester 2 tahun 2016 ini. Komitmen tersebut diwujudkan dengan mengkoordinasikan hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan pada semester 1 dengan pihak terkait, salah satunya dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri.

Kamis (21/7) tim dari KPU Kota Kediri yang terdiri dari Ibu Pusporini Indah Palupi selaku Komisioner yang membidangi Divisi Data dan Teknis Penyelenggaraan, Bapak Suroto Sekretaris KPU Kota Kediri dan Ibu Endang Suryani Kasubbag Program dan Data berkunjung ke kantor Dispendukcapil Kota Kediri untuk mengkoordinasikan realisasi pelaksanaan SE 176 tersebut di semester ini. Tim diterima langsung oleh Kepala Dispendukcapil Kota Kediri Ibu Ida Indriyati di ruangan Kepala Dinas pada pukul 09.00 yang melibatkan beberapa staf Dispendukcapil yang membidangi data kependudukan.

Diskusi yang berlangsung sekitar satu jam ini menghasilkan beberapa kesepakatan antara lain:

  1. Akan diadakannya sinkronisasi data yang ada di KPU Kota Kediri sebagai hasil pemutakhiran data pada semester satu yang telah diolah dari data yang bersumber dari data mutasi penduduk masing-masing kelurahan se Kota Kediri dengan data mutasi penduduk yang ada di Dispendukcapil.
  2. Dispendukcapil “welcome” untuk membantu KPU guna pemutakhiran data pemilih ini. Kerjasama antar ke dua lembaga akan terus dilaksanakan secara periodic dan berkelanjutan.
  3. Dispendukcapil siap menjadi pemateri pada kegiatan FGD pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang akan dilaksanakan KPU bulan depan.

Selain kerjasama dengan Dispendukcapil Kota Kediri, KPU Kota Kediri ke depan juga akan melakukan penggalian data ke kelurahan tiap 3 bulanan untuk update data mutasi penduduk seperti yang dituturkan Ibu Pusporini Indah Palupi sepulang dari Dispendukcapil Kota Kediri. Beliau juga menyampaikan kalau pada bulan Agustus kisaran minggu ke 2 KPU Kota Kediri akan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan mengundang stakeholder terkait. Beberapa stakeholder yang telah teridentifikasi antara lain Dispendukcapil, Kelurahan, BPS, Polresta, Kodim dan Kantor Urusan agama (KUA) 3 kecamatan serta Kantor Kesbangpol Kota Kediri. Khusus KUA kita bermaksud mendapatkan data warga Kota Kediri yang menikah di bawah umur atau kurang dari 17 tahun. Bisa jadi nanti kita juga akan melibatkan Lapas dan Rumah Sakit imbuhnya. (IVA)