Senin (25/7) Usai apel rutin KPU Kota Kediri menggelar rapat pleno yang dihadiri oleh seluruh anggota komisioner, sekretaris, para kasubbag, dan notulen. Rapat yang dipimpin langsung Ketua KPU Kota Kediri kali ini membahas Persiapan FGD untuk Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan. Rapat yang di mulai pukul 09.00 teapat sesuai jadwal undangan kali ini merumuskan waktu dan tempat pelaksanaan serta menentukan siapa saja yang akan dilibatkan beserta peran masing-masing.

Disepakati pelaksanaan FGD ini pada rabu, 21 September 2016 bertempat di Aula Kantor KPU Kota Kediri jl Jaksa Agung Suprapto no 32 Kota Kediri. Adapun para stakehoder yang akan dihadirkan antara lain Dispendukcapil, Parpol peserta pemilu 2014, Camat, Kabag Pemerintahan Pemkot Kediri, Kesbangpol, KUA, Polres dan Kodim.

KUA kita undang karena kita membutuhkan data warga Kota Kediri yang belum berusia 17 tahun tapi sudah menikah karena itu berarti dia sudah punya hak pilih. Polres dan Kodim kita koordinasi terkait data TNI/Polri yang pensiun dan yang masih aktif, karena mereka yang telah purna akan kita masukkan ke data pemilih, kebalikannya jika ada warga sipil yang kemudian alih status menjadi TNI atau Polri akan kita coret karena dia tidak punya hak pilih, papar Ibu Pusporini Indah Palupi anggota KPU Kota Kediri Divisi Data dan Teknis Penyelenggaraan.

Kegiatan ini intinya bertujuan untuk menggali sebanyak-banyaknya informasi terkait data kependudukan di Kota Kediri dan membangun sinergitas antar stakeholder pemilu dalam dan pengoptimalan penyusunan DPT. Diharapkan DPT pemilu selanjutnya di Kota Kediri akan lebih baik (IVA).