KPU Kota Kediri hadiri Rapat Koordinasi Pembekalan, Penyuluhan, dan Evaluasi Peraturan KPU dan Keputusan KPU Tahun 2016 di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur (30/7/2016). KPU Kota Kediri dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Ketua Agus rofiq, Divisi Perencanaan, Logistik dan Keuangan Moch. Wahyudi serta Sekretaris KPU Kota Kediri Suroto.

 index

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Eko Sasmito, difokuskan pada dengar pendapat terkait dengan respon pemerintah Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada di tahun 2018 terhadap Surat Gubernur terkait dana sharing Pilkada serentak tahun 2018 yang akan bebarengan dengan Pilgub. Selain itu dalam rapat ini, juga merupakan evaluasi terhadap penyusunan anggaran Pilkada berdasarkan keputusan KPU No. 43 dan 44 tentang Anggaran Pilkada, sudah sejauh mana KPU Kab/Kota menyusun anggaran Pilkada dan permasalahan apa yang muncul saat koordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait penganggaran Pilkada.

Beberapa daerah yang anggaran Pilkadanya  besar dan Pemerintah Daerah keberatan untuk membebankan di satu Tahun Anggaran mengharapkan  kepada Pemerintah Daerah untuk menyiapkan dana cadangan, sehingga kebutuhan anggaran untuk Pilkada dapat terpenuhi.

“Kota Kediri sampai saat ini telah berkoordinasi dengan Bappeda, Kesbangpol dan Sekretaris Daerah terkait dengan anggaran Pilkada baik secara formal maupun non-formal baik oleh Komisoner KPU maupun oleh Sekretaris dan sampai saat ini KPU Kota Kediri masih membahas Rencana Kebutuhan Anggaran Pilkada supaya bisa dianggarkan se-efisien mungkin” Tutur Agus Rofiq pada acara tersebut.

Sekretaris KPU Kota Kediri juga menyampaikan bahwa melihat hasil koordinasi selama ini, kemungkinan Pemda Kota Kediri akan menyetujui usulan sharing anggaran yang ditawarkan gubernur hanya memang secara tertulis belum dikirimkan ke Gubernur.

Acara yang dimulai pukul 13.00 tersebut diakhiri pukul 16.00 yang ditutup oleh Dewita Hayu Shinya Komisioner KPU Propinsi Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik dengan ucapan terima kasih kepada KPU Kab/Kota dan berharap untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk penganggaran Pilkada. (AR)