DSC_3172

Kediri (27/08) Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri menggelar lawatan ke MTSN 2 Kota Kediri pada Sabtu Pagi Jam 06.45 dalam rangka pembinaan kegiatan pemilu akbar OSIS MTsN 2 Kota Kediri. Turut dalam lawatan tersebut adalah 4 Komisioner dan 1 kasubbag Teknis Sekretariat. Kegiatan lawatan ini merupakan undangan dari Kepala MTsN 2 Kota Kediri, sebagai langkah awal kerja sama MTsN 2 Kota Kediri dengan KPU Kota Kediri terkait kegiatan Pendidikan Kepemiluan.

Kegiatan ini diawali dengan apel pagi bersama dengan Agus Rofiq sebagai Pembina Apel. Dalam amanat apel, Agus Rofiq menekankan bahwa dalam pelaksanaan Pemilu akbar nanti yang perlu diperhatikan dalam memilih calon pemimpin adalah pilih “siapa”, bukan memilih “apa”. Sebab dengan memilih “siapa” kita tidak akan berpikir memilih orang yang ada “apa-apanya”, kita tidak berpikir lagi memilih untuk mengharapkan mendapatkan “apa” dari yang kita pilih. Oleh karenanya memilih “siapa” adalah memilih orang yang kita anggap memiliki kriteria terbaik sebagai calon pemimpin yang kita anggap baik.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan debat kandidat calon ketua OSIS MTsN 2 Kota Kediri yang diikuti oleh 4 kandidat. Dalam debat tersebut, Bapak/Ibu Guru, Siswa, maupun antar kandidat saling menyampaikan pertanyaan, sanggahan dan gagasan-gagasannya layaknya kontestasi Pilkada/pemilu yang sesungguhnya.

Di sesi berikutnya, kegiatan inti dari pemilu akbar dilaksanakan, yakni pemugutan suara dimana panitia penyelenggara pemilu akbar menyediakan Tempat Pemungutan suara (TPS) di depan masing-masing kelas sehingga siswa dapat segera menyalurkan hak suara dan sekaligus hari itu juga penghitungan suara dilakukan (ars).