index

Panitia Pemilu Raya OSIS SMPN I Kota Kediri, Hari ini (9/9) melaksanakan kampanye terbuka dan debat Calon Ketua OSIS Periode 2016-2017 di halaman sekolah.

Mengawali kampanye terbuka dan debat Calon Ketua OSIS, Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofiq dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemilu Raya Ketua OSIS merupakan pembelajaran berdemokrasi bagi siswa. Walaupun para siswa belum pernah menjadi pemilih dalam pemilu, tetapi pemilihan Ketua OSIS merupakan wahana pembelajaran bagi siswa untuk mulai mengenal dan memilih calon pemimpin yang baik. Diakhir sambutannya Gus Rofik (sapaan akrab Ketua KPU Kota Kediri) mengimbau kepada siswa untuk Pilih Siapa, Bukan Apa supaya tidak kecewa dikemudian hari karena salah memilih Ketua OSIS.

Perlu diketahui bahwa KPU Kota Kediri sebagai penyelenggaran Pemilu di Kota Kediri dalam minggu ini mendampingi siswa-siswi SMPN I Kota Kediri guna melaksanakan Pemilu Raya pemilihan Ketua OSIS Periode 2016-2017. Dalam proses pendampingan tersebut, KPU Kota Kediri melalui Divisi Sosialisasi menyampaikan kepada siswa bahwa Pemilu membutuhkan perangkat yaitu Regulasi/aturan, Penyelenggara dan Peserta pemilu. Untuk itu perlu disusun terlebih dahulu aturan untuk pelaksanaan Pemilu Raya.

Diawali dengan mengamandemen AD/ART OSIS SMPN I Kota Kediri terkait klausul Ketua OSIS dipilih oleh perwakilan kelas yang duduk di Majelis Perwakilan Kelas (MPK), dirubah menjadi  Ketua OSIS dipilih langsung oleh Siswa Aktif, MPK membentuk panitia Pemilu Raya dan memutuskan Pemilu Raya dilaksanakan tanggal 10 September 2016.

index2

Pada tahap pencalonan muncul lima calon Ketua OSIS, satu laki-laki dan empat perempuan yang semuanya dari kelas 8.  Dilanjutkan debat kandidat dan kampanye terbuka, masing masing calon menyampaikan visi dan misi nya.  “Visi Anda membawa SMPN I Kota Kediri berprestasi di tingkat Internasional, padahal ditingkat Provinsi dan Nasional saja prestasi kita minim” pertanyaan perwakilan yang disambut tepuk tangan oleh para siswa.  Calon nomor urut dua dengan lantang menjawab bahwa dia akan mengusulkan kepada Pembina OSIS untuk menggali potensi-potensi yang dimiliki para siswa dan mencari pembina professional dibidangnya sehingga siswa bisa lebih berprestasi.

Semoga besok (10/9) pemungutan suara pada Pemilu Raya OSIS SMPN I Kota Kediri bisa berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang amanah dan sesuai dengan harapan semua elemen sekolah. Amien. (yud)