Kediri (15/9) tepat pukul 9.00 WIB, seluruh Komisioner dan Sekretariat berkumpul di ruang rapat KPU Kota Kediri  untuk belajar bareng mengupas PKPU Nomor 3 Tahun 2015, sebagai kegiatan rutinan pada minggu ke dua dibulan September ini. Seperti biasa acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan pengarahan dari Divisi Hukum. Dalam sambutanya Nurul Mamnun mengatakan, “Sinau bareng yang sudah menjadi program kerja KPU untuk meningkatkan kapasaitas SDM kita ini sudah yang kesekian kalinya mengupas tentang PKPU yang kaitanya dengan Pemilukada oleh sebab itu diharapkan pada pembahasan PKPU Nomor 3 Tahun 2015 ini setidak-tidaknya bisa memberikan arahan kepada KPU dalam rangka pelaksanaan Pilkada yang akan datang. Pada PKPU nomor 3 Tahun 2015 ini ada beberapa hal yang belum tercantum, dan diantaranya lagi masih melibatkan kelurahan dalam pemilihan PPS , untuk itu melalui belajar bareng ini mari kita kaji bersama, …” dan pada kesempatan ini, beliau juga berharap kepada seluruh peserta untuk mencatat segala permasalahan-permasalahan yang muncul  dan kinerja apa yang harus dilakukan pada Pemilu yang akan datang sehingga permasalahan yang muncul nantinya bisa dipahami dan dilakukan tindakan yang sesuai dengan tahapan. Karena pada waktu tahapan dimulai  sudah tidak perlu membuka lagi PKPU, tetapi lebih pada tindakan dan kerja keras (tentunya dengan tidak mengesampingkan dan menyalahi PKPU tersebut).

index

Nara Sumber pada kali ini adalah Divisi SDM dan Parmas yaitu Agus Rofiq yang juga menjabat sebagai Ketua KPU Kota Kediri. Dalam paparanya Agus Rofik mengajak seluruh peserta diskusi untuk saling berbagi.

Karena berbagi adalah hal yang paling nikmat  . maksud dari berbagi disini adalah peserta diskusi dibagi menjadi 5 kelompok berdasarkan Divisi dan masing-masing divisi membacakan PKPU yang selanjutnya akan di kupas satu persatu. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir adanya peserta yang ngantuk ataupun kurang fokus terhadap materi yang dikupas.

Ada beberahal hal yang menjadi catatan pada diskusi kali ini yaitu:

  1. Pasal 16 ayat 1 huruf d
  2. Pasal 16 ayat 3 huruf c
  3. Bab III Pasal 18 ayat 1 huruf e
  4. Pasal 18 ayat 1 huruf k
  5. Bab V Pasal 33 ayat 1
  6. Bab VIII Pasal 49
  7. Pasal 51
  8. Pasal 55
  9. Pasal 56
  10. Bab X

Dari 10 catatan tersebut akan dijadikan bahan masukan oleh KPU Kota Kediri dalam menyongsong tahapan-tahapan Pilkada pada tahun 2017/2018 yang akan datang (HN)