KPU Kota Kediri terus berkomitmen untuk mewujudkan kualitas data pemilih  dalam menyongsong Pemilihan Walikota dan Walikota Kediri tahun 2018 mendatang.  Setelah pada tanggal 21 September 2016 kemarin KPU Kota Kediri mengadakan Forum Group Diskusi (FGD) , kali ini kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih dilakukan dalam bentuk Talk Show di radio di Bonanza FM  Kota Kediri. Hadir dalam sosialisasi ini Anis Iva Permatasari dan Nurul Mamnun, Komisioner KPU Kota Kediri. Dalam prolog awalnya, Mamnun lebih banyak mengupas tentang kegiatan KPU ketika tidak ada tahapan pemilu. “Jadi berbicara terkait Pemilu terbagai dalam 3 kegitan, yaitu pra pemilu, pemilu, dan post pemilu (setelah pemilu). Dalam kegiatan pra pemilu, KPU lebih banyak melakukan kegiatan persiapan dalam melaksanakan dan menata pemilu yang lebih baik, salah satu nya adalah kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB). Adapun kegiatan setelah pemilu lebih banyak difokuskan pada kegiatan evaluasi penyelenggaraan pemilu”.

index

Sementara Anis Iva dalam paparannya berbicara terkait dengan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB). “Salah satu tahapan penting pemilu adalah terwujudnya data pemilu yang berkualitas, hal itu karena Data Pemilih terus begerak, maka KPU sebagai penyelenggara pemilu berkewajiban memelihara serta memutakhirkan data pemilih. Berdasarkan surat edaran KPU Nomor 176 Tahun 2016, KPU Kota Kediri telah melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB). Maka KPU mengajak kepada semua pemangku kepentingan dan masyarakat pada umum  untuk terlibat aktif  dalam proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) ini”. Iva menambahkan “Keterlibatkan aktif pemangku kepentingan disini dapat dilakukan dengan cara ikut terlibat mengecek dan memastikan setiap warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar dalam daftar pemilih. Warga masyarakat bisa langsung datang ke KPU Kota Kediri atau cukup membuka Web site KPU Kota Kediri untuk memastikan apakah namanya sudah tercantum dalam DPT atau belum, dengan memasukan NIK KTP nya”.

Diakhir acara talkshow ini kedua Komisoner KPU ini berharap agar seluruh masyarakat Kota Kediri aktif dalam mendukung kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) yang dilakukan KPU Kota Kediri. “Jangan sampai masalah timbul karena kita kurang perhatian dan kurang peduli terhadap Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB)”. Acara yang dipandu Zulfa ini berakhir tepat pukul 11. 05 WIB.