Untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Kediri melakukan kegiatan “belajar bersama”. “Belajar bersama bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi terkait kepemiluan yang dilaksanakan oleh desk pelayanan informasi yang digawangi oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Suroto, Sekretaris KPU Kota Kediri menjelaskan, dengan belajar bersama yang dilakukan oleh para staff yang ada di KPU Kota Kediri ini, diharapkan mampu membuat kualitas pelayanan informasi kepemiluan dapat dilaksanakan dengan baik. “Perkembangan jaman menuntut kami harus siap memberikan informasi kepemiluan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan, sehingga kami perlu berbenah dengan menyiapkan staff yang ada di KPU Kota Kediri memberikan pelayanan informasi yang cepat, lengkap, dan terpercaya terkait kepemiluan” jelas Suroto seusai rapat sekaligus belajar bersama di Kantor KPU Kota Kediri Senin (3/10).

“Kami menyiapkan ruang khusus pelayanan informasi kepemiluan di ruang depan kantor yang dijaga sejumlah staff, dengan posisi di samping halaman kantor, kami bermaksud supaya masyarakat yang memerlukan informasi tidak perlu capek-capek masuk ke ruangan kantor” ungkap Suroto. “Petugas yang ada di Ruang PPID akan kami jadwal bergilir, dan rencananya Jum’at (7/10) kami susun jadwalnya serta memberikan pembelajaran prosedur pelayanan informasi bagi staff yang bertugas di PPID” lanjutnya.

Selain belajar bersama terkait pelayanan informasi,  guna persiapan Pemilihan Walikota Kediri Tahun 2018 KPU Kota Kediri juga melakukan belajar bersama dengan bedah Peraturan KPU nomor 6 Tahun 2015 tentang Norma, Standar, Prosedur Kebutuhan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dan Peraturan KPU Nomor 7 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Mempelajari sejumlah aturan terkait pilkada ini harus kami mulai jauh-jauh hari sebelum pelaksaan Pemilihan Walikota Kediri 2018, dengan harapan kami dapat menyiapkan perangkat yang diperlukan, baik sumber daya manusianya maaupun sarana dan prasarananya” imbuhnya. Membedah peraturan perundang-undangan ini memang rencananya akan dilaksanakan secara periodik melibatkan Komisioner dan Sekretariat KPU Kota Kediri. “Selain mempelajari peraturan-peraturan kepemiluan, kami juga terus menjalin kekompakan di lingkungan KPU Kota Kediri dengan menggelar Jum’at Ceria yang diisi kegiatan-kegiatan ringan yang bersifat relaksasi” Suroto menutup percakapan. (SUB)