Pusporini Endah Palupi, Divisi Teknis KPU Kota Kediri menyampaikan materi Pendirikan Politik di Kelurahan Bandar Lor Kecamatan Mojoroto.
Pusporini Endah Palupi, Divisi Teknis KPU Kota Kediri menyampaikan materi Pendirikan Politik di Kelurahan Bandar Lor Kecamatan Mojoroto.

Kediri- Setelah sebelumnya pada 16 Oktober 2016 KPU Kota Kediri bersama Kesbangpol Kota Kediri melakukan Pendidikan Politik  di Kecamatan Kota, pada Minggu malam (23/10) KPU Kota Kediri bersama Kesbangpol Kota Kediri melanjutkan kegiatan tersebut di Kecamatan Mojoroto, tepatnya di Balai Kelurahan Bandar Lor. Para Peserta terdiri dari para Perangkat RT, RW, LPMK dan Karang Taruna se-Kecamatan Mojoroto. Pada sesi  di ini, KPU Kota Kediri lebih menekankan pada Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB). “Surat Edaran KPU RI No 176/KPU/IV/2016 tentang Instruksi pada KPU Kab/Kota untuk melaksanakan kegiatan pemutakhiran daftar pemilih  berkelanjutan, maka malam ini kami lebih tekankan pada mengajak masyarakat mau aktif dalam pemutakhiran data pemilih dengan cara membuka website KPU Kota Kediri” ungkap Pusporini Endah Palupi, Divisi Teknis KPU Kota Kediri yang semalam menjadi pemateri.

“Pemutakhiran Data Pemiliha Berkelanjutan ini sangat penting karena sebagai langkah awal usaha penyusunan DPT Pemilu/kada yang kredibel” ungkap Puspo pada para peserta. Puspo berharap para perangkat kelurahan dan warga Kota Kediri dapat berperan aktif. “Untuk para perangkat kelurahan, harapan kami dapat melakukan pendataan penduduk yang masuk, maupun yang meninggal dengan data yang lengkap, karena kalau datanya tidak lengkap akan menyusahkan dalam penginputan data, sedangkan warga juga dalam memberikan info ke perangkat kelurahan jika dilakukan pendataan diharpkan memberikan data yang lengkap” ujar Puspo.

Adapun metode pengecekan Daftar Pemilih dapat dilakukan dengan mengisi form tanggapan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan yang telah disebar oleh staf Sekretriat KPU Kota Kediri, untuk kemudian form tersebut dapat dikirimkan ke kantor KPU Kota Kediri, untuk diverifikasi sebagai bahan penyusunan daftar pemilih.

Bagi warga masyarakat yang ingin memeriksakan dirinya secara online, KPU Kota Kediri juga menyediakan sarana melalui akses web : kpu-kedirikota.go.id. dengan akses web tersebut warga masyarakat dapat memasukkan NIK KTP pada kotak aplikasi  daftar pemilih kemudian klik “cek” untuk mengetahui hasilnya.

Selain itu, mengkhiri penyampaian materinya, Pusporini menandaskan pentingnya e-KTP sebagai basis data DPT dalam pemilu/kada. “Bagi warga masyarakat yang masih ber-KTP konvensional segera memperbaharui kartu penduduknya, karena basis data dari DPT adalah e-KTP” tutupnya. (SUR)

[facebook][tweet]