Para Narasumber dalam Rakernis SPIP dan Review Laporan Keuangan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur (4/11)
Para Narasumber dalam Rakernis SPIP dan Review Laporan Keuangan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur (4/11)

Surabaya- Dalam rangka Review Laporan Keuangan dan Pengendalian Internal, KPU Provinsi Jawa Timur melaksanakan Rapat Kerja Teknis Sistem Pengendalia Internal Pemerintah (SPIP) dan Review Laporan Keuangan pada Jumat (4/11) di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur di Surabaya. Dalam kegiatan tersebut, diikuti oleh Sekretaris dan Kepala Sub Bagian Keuaangan, Umum dan Logistik KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Arief Budiman-Anggota KPU RI, Adi Wijaya-Inspektur KPU RI, Wiwik Winarti dan Sri Lestari dari BPKP bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

“Dengan pelaksanaan kegiatan ini, KPU berharap dapat meraih kategori WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dalam pemeriksaan BPK di tahun 2017 nantinya” ungkap Arif Budiman. “KPU ingin laporan keuangan dari setiap satuan kerja dapat terus ditingkatkan kualitasnya, kita hilangkan setiap penyelewengan keuangan dan sebagai pertangggungjawaban keuangan atas pelaksanaan setiap kegiatan kepada negara” lanjut Arif Budiman.

Sementara itu, Adi Wijaya-Inspektur KPU RI menyampaikan jika SPIP adalah sebuah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai dalam memberikan keyakinan atas tercapainya tujuan organisasi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 dan Peraturan KPU Nomor 17 Tahun 2012. Tujuan SPIP sendiri secara singkat adalah untuk pengamanan aset, peningkatan kualitas laporan dan ketaatan terhadap setiap aturan yang berlaku.

Tindak lanjut dari kegiatan ini sendiri, setiap KPU Kabupaten/Kota diwajibkan membentuk satuan tugas terkait pengendalian internal ini. (SRT)