Pusporini Endah Palupi, Anggota KPU Kota Kediri saat memberikan materi Kepemiluan pada Jambore Anak di Aula Dinas Pendidikan Kota Kediri pada Selasa (15/11)
Pusporini Endah Palupi, Anggota KPU Kota Kediri saat memberikan materi Kepemiluan pada Jambore Anak di Aula Dinas Pendidikan Kota Kediri pada Selasa (15/11)

Sebagai Negara yang menganut paham Demokrasi, Indonesia wajib menanamkan sikap demokratis pada generasi mudanya. Dalam Jambore Anak yang digagas oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (BPPKB) Kota Kediri pada Selasa (15/11) di Aula Dinas Pendidikan Kota Kediri. Dalam Kegiatan yang diikuti oleh siswa tingkat SMP dan SMA se-Kota Kediri Ini, KPU Kota Kediri turut dilibatkan dengan memberikan materi Pendidikan Demokrasi dan Kepemiluan kepada seratus peserta yang hadir. yang merupakan siswa perwakilan osis setingkat SMP SMA negeri dan swasta se Kota Kediri. Anis Iva Permatasari, Komisioner Divisi Perencanaan dan Data dan Pusporini Endah Palupi, Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Teknis Pemilu memberikan pemaparan terkait hakekat Demokrasi dam penerapannya dalam praktek kepemiluan. Anis Iva menekankan agar para peserta bisa jadi subyek dan bukan obyek pemilu. “Jadilah pemilih yang menentukan baik tidaknya yang dipilih, untuk itu dalam memilih harus melihat siapa dan bukan apa” ungkapnya. Anis Iva melanjutkan jika generasi muda jangan sampai menjadi generasi yang pragmatis dengan memilih orang yang melakukan politik uang. “Generasi muda harus mulai mengenal siapa yang dipilih, dan memilih yang mempunyai sikap dan reputasi yang baik serta mampu jadi pemimpin, bukan siapa yang mampu memberikan sesuatu kepada kita dengan maksud agar dipilih” pesan Iva.

whatsapp-image-2016-12-01-at-15-12-25

Sementara itu, Pusporini Endah Palupi menyampaikan materi melalui media video pemungutan dan penghitungan suara. “Teknis pemilu yang disampaikan ini bisa diterapkan pada praktik pemilihan ketua OSIS di tiap sekolah” ungkapnya. Puspo juga menekankan jika KPU Kota Kediri sangat terbuka kepada segenap generasi muda yang ingin belajar kepemiluan. “Jika pemilihan Ketua OSIS SMP dan SMA di Kota Kediri ingin didesain lebih baik lagi, KPU Kota Kediri siap memberikan konsultasi dan melakukan supervisi kepada sekolah-sekolah” tutup Puspo. (IVA)