Anggota KPU Kota Kediri dan Anggota KPU Kota Semarang Berfoto bersama pada 17/11 di Kantor KPU Kota Semarang
Anggota KPU Kota Kediri dan Anggota KPU Kota Semarang Berfoto bersama pada 17/11 di Kantor KPU Kota Semarang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menjadi tempat bertukar wawasan dalam proses penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Pilkada 2018 bagi KPU Kota Kediri bersama Kesbangpol Kota Kediri pada Rabu (16/11). Turut dalam rombongan kali ini yakni Kepala Kesbangpol Kota Kediri Tanto Widjohari beserta jajaran Kasi dan staf.

Pada lawatan kali ini, Agus Rofiq dkk diterima secara langsung oleh Henry Wahyono (Ketua KPU Kota semarang) di ruang Balaikota dengan mengikutsertakan jajaran Kesbangpol, DPPKA dan Dispendukcapil Kota Semarang. Penyambutan di ruang Balaikota merupakan tradisi yang sama dilakukan pada setiap kunjungan studi banding oleh instansi-instansi yang lain ke KPU Kota Semarang.
Agus Rofiq menyatakan pihaknya sengaja memilih KPU Kota Semarang sebagai lokasi studi banding dalam persiapan penyelenggaraan Pilkada 2018 bukan tanpa alasan.

“Alasan pertama, KPU Kota Semarang merupakan institusi yang sangat cocok untuk menimba pengalaman dan ilmu mengingat tipografi geografis, kompleksitas persoalan, jumlah penduduk yang ditanganinya serta besarnya wilayah perkotaaan . Alasan berikutnya, KPU Kota semarang merupakan penerima “KPU award” dengan kategori kreatifitas kegiatan sosialisasi pendidikan demokrasi dan kepemiluan. Hal ini menjadi daya tarik khusus bagi kami bahkan mungkin bagi KPU Kab/Kota yang lain untuk melakukan Studi banding ke KPU Kota Semarang.

Agus Rofiq menjelaskan, Kota Kediri memiliki kondisi yang hampir menyerupai dengan Kota Semarang secara geografis maupun demografis namun dengan jumlah kecamatan yang lebih sedikit. Kota semarang merupakan kota dengan dua karakteristik kewilayahan, karakteristik kota pada beberapa kecamatan sentral dan karakteristik desa pada beberapa kecamatan pinggiran seperti Kec. Ngaliyan, Gunungpati, dan Mijen.

Secara khusus agus Rofiq menyatakan bahwa pihaknya juga ingin menimba ilmu terkait proses Perencanaan dan metode Hibah Daerah, Pemutahiran data pemilih termasuk upaya pendataan sirkulasi mutasi penduduk masuk dan keluar, pelaksanaan fasililitasi media kampanye, Antisipasi dan Strategi gugatan hukum dsb.
Komisioner KPU Kota Semarang, Abdul Khaliq menegaskan pihaknya sangat apresiatif menerima kunjungan KPU Kota kediri khususnya untuk bertukar pikiran dalam persiapan Pilkada 2018, apalagi antara komisioner KPU Kota Kediri maupun Semarang beberapa diantaranya memiliki silang keterkaitan riwayat hidup baik pendidikan maupun domisili seperti dirinya yang merupakan kelahiran Kota kediri.

Agus Rofiq menambahkan banyak hal juga yang sempat didiskusikan termasuk membahas soal keberhasian Pemilos sebagai salah satu contoh inovasi kegiatan Pendidikan kepemiluan di tingkat SMA/SMK hingga mengantarkan KPU Kota Semarang mendpatkan “KPU Award”. hal ini menjadi sumber inspirasi bagi KPU Kota Kediri untuk mencoba melakukan inovasi kegiatan Pendidikan kepemiluan kelak di masa yang akan datang. (SUR)