Suasana Pembukaan Rapat Evaluasi LAKIP dan Pencermatan RKA-K/L KPU Provinsi Jawa Timur bersama KPU Kabupaten/Kota di Hotel Lumonoor Surabaya (29/11)
Suasana Pembukaan Rapat Evaluasi LAKIP dan Pencermatan RKA-K/L KPU Provinsi Jawa Timur bersama KPU Kabupaten/Kota di Hotel Lumonoor Surabaya (29/11)

Dalam Rangka evaluasi akhir tahun, KPU Provinsi Jawa Timur kembali melakukan Rapat EEvaluasi di Hotel Luminoor Surabaya pada Selasa (29/11). Kali ini Evaluasi yang dilakukan adalah Laporan Kuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2015 dan Pencermatan RKA-KL 2017. Narasumber kegiatan ini adalah Wiwi Winarti, auditor muda dari BPKP Perwakilan Jawa Timur. Dalam paparannya, Wiwi Winarti menjelaskan bahwa laporan kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran.

“Dasar penyusunan LAKIP tersebut adalah Peraturan Menpan RB RI No. 53 tahun 2014 tentang bagaimana cara menyusun LAKIP dan apa saja yang harus diuraikan dalam LAKIP serta Peraturan Menpan RB RI No. 12 tahun 2015 tentang tata cara evaluasi LAKIP” sampainya. “Hal penting dalam penyusunan LAKIP antara lain pengukuran kinerja, evaluasi dan pengungkapan secara memadai hasil analisis terhadap pengukuran Kinerja” lanjutnya.

Wiwi Winarti juga memaparkan jika dulunya capaian kinerja hanya berdasarkan output kegiatan maka sekarang saatnya menggeser menjadi berdasarkan outcome juga” tegasnya. Proses ini sendiri bisa dilakukan secara bertahap agar hasilnya menjadi lebih baik harapnya. (IVA)