Rapat Pencermatan terhadap RKA Pagu Alokasi Anggaran Tahun 2017 (30/11/2016) (Doc. kpujatim.go.id)
Rapat Pencermatan terhadap RKA Pagu Alokasi Anggaran Tahun 2017 (30/11/2016) (Doc. kpujatim.go.id)

Surabaya, kpujatim.go.id- Usai lakukan evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2015 kemarin (29/11), Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) hari ini Rabu (30/11) di hotel Luminor Surabaya, ajak Divisi Perencanaan dan Data serta Kepala Subbagian (Kasubbag) Program dan Data KPU kabupaten/ kota di Jawa Timur cermati Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga (RKA-KL).

Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga atau RKA-KL adalah dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi program dan kegiatan suatu Kementerian Negara/ Lembaga yang merupakan penjabaran dari Rencana Kerja dan Rencana Strategis Kementerian Negara/ Lembaga dalam satu tahun anggaran serta anggaran yang diperlukan untuk melaksanakannya.

Sekretaris KPU Jatim, HM. Eberta Kawima sebagai narasumber mengungkapkan setiap tahun KPU diwajibkan untuk membuat RKA-KL. “KPU diwajibkan membuat RKA-KL karena KPU sebagai lembaga negara yang mendapatkan APBN,” kata Wima kepada peserta Rapat Pencermatan terhadap RKA Pagu Alokasi Anggaran Tahun 2017 (30/11/2016).

Menurut Wima, mekanisme penganggaran di KPU sifatnya masih top-down dan belum bottom-up sampai tahun 2017. “Meski demikian, KPU tetap harus membuat RKA-KL karena ini merupakan perintah,” ujar Sekretaris KPU Jatim.

Mengimbuhkan yang telah disampaikan, Wima berharap kepada Divisi Perencanaan dan Data memahami terkait dengan penyusunan RKA-KL ini. Karena tugas anggota KPU ialah mengawasi dan mengarahkan jika terdapat kesalahan. Selain itu, penyusunan RKA-KL ini perlu dipahami karena bagian dari kegiatan KPU. “Apalagi Kepala Bagian atau Kasubbag Program Data secara administratif dan teknis sudah harus paham,” tandas Wima.

Penyusunan RKA-KL di tingkat KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur dijadwalkan tanggal 1 Desember 2016 sudah selesai dan dikirimkan ke KPU Jatim. Selanjutnya KPU Provinsi akan menyerahkan ke KPU RI pada tanggal 2 Desember 2016. (kpujatim.go.id)