Kediri- KPU Kota Kediri tetap melanjutkan kegiatan rutin belajar bersama pada hari Rabu (14/12) di Aula Pertemuan KPU Kota Kediri. Tema Kali ini diisi dengan pembahasan mengenai Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2016 yang merupakan perubahan ketiga Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2015 tentang Pencalonan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Pembahasan mengenai Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2016 disampaikan oleh Anggota KPU Kota Kediri yang Divisi Teknis Kepemiluan Dra. Pusporini  Endah Palupi.

Dalam kegiatan tersebut, Pusporini menyampaikan bahwa calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Calon Walikota dan Wakil Walikota, Calon Bupati dan Wakil Bupati harus memenuhi persyaratan yang disebutkan dalam Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2016 pasal 4. Selain itu disampaikan pula mengenai jumlah dukungan dan persebarannya bagi calon pasangan perseorangan.

“Untuk penduduk yang dapat memberikan dukungannya adalah penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih yang dapat dibuktikan dengan KTP Elektronik atau surat keterangan yg diterbitkan oleh Dispendukcapil yang menerangkan bahwa penduduk tersebut telah bermukim di wilayah yg sedang melaksanakan pemilihan paling lama 1 tahun dan telah tercantum dalam DPT pemilu atau pemilihan terakhir”, sambung Puspo.

Puspo juga menyampaikan bahwa “Jumlah dukungan calon perseorangan didasarkan pada  jumlah pemilih yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap pada Pemilu atau Pemilihan terakhir yang nanti akan dituangkan dalam Keputusan KPU Kota Kediri.”

Direncanakan, kegiatan Belajar Bersama berikutnya masik akan membahas terkait pencalonan.

(NAE)