Suasana pertemuan KPU Kota Batu dan KPU Kota Kediri pada Selasa (31/01) di Kantor KPU Kota Batu.

 

Batu-Menghadapi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri Tahun 2018, KPU Kota Kediri berusaha semaksimal mungkin melakukan persiapan. Salah satu yang dilakukan adalah Belajar ke KPU Kota Batu yang saat ini sedang menggelar Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu 2017. Ketua KPU Kota Kediri bersama rombongan yang terdiri dari Komisioner, Sekretaris, Kasubag, Pejabat Pembuat Komitmen dan Bendahara pada Selasa (31/01) disambut oleh Anggota KPU Kota Batu dan Sekretaris KPU Kota Batu dengan ramah.

Dalam pertemuan yang cukup “gayeng” tersebut, Ketua KPu Kota Kediri Agus Rofiq mengutarakan bahwa agenda kunjungan yang dilakukan KPU Kota Kediri ke KPU Kota Batu adalah dalam rangka belajar mengenai pelaksanaan Pilwali Kota Batu 2017, baik dari segi penganggaran, pelaksanaan anggaran, manajemen tahapan, langkah-langkah solutif atas segala hambatan yang dihadapi.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Batu Saifudin Zuhri menyarankan untuk persiapan lebih maksimal, KPU Kota Kediri mempersiapkan diri dengan sering-sering berkomunikasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil guna mempersiapkan Daftar Pemilih yang baik. “U
ntuk tahun 2017 ini, KPU Kota Kediri saya sarankan mulai berkoordinasi dengan Dukcapil secara intensif, karena terkait pemilih ini salah satu hal penting yang bisa menimbulkan gejolak” sampainya.

Sementara itu, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Batu Mardiono menyarankan agar KPU Kota Kediri juga mulai menyiapkan Pilwali 2018 dengan mempersiapkan penyusunan petunjuk teknis setiap tahapan. “Dengan menyiapkan petunjuk teknis di setiap tahapannya, kita berarti mulai menyapkan dengan baik aturan main pelaksanaan pilkada yang kita selenggarakan” tegasnya.

Sekretaris KPU Kota Batu bersama Sekretaris KPu Kota Kediri

Selain belajar terkait teknis tahapan-tahapan pilkada, KPU Kota Kediri juga menanyakan terkait manajemen Alat Peraga Kampanye serta Logistik yang lain mulai dari pengadaan dan pendistribusiannya. KPU Kota Batu menyampaikan jika pengadaan surat suara, segel, tinta dan hologram kini lebih mudah dengan adanya e-katalog dan LPSE KPU RI. Pengadaan melalui e-katalog lebih mudah, karena KPU RI sudah melelang surat suara, dan KPU Kota batu tinggal berhubungan dengan pemenang lelang, menyusun kontrak dan melaksanakan pencetakan surat suara.

Dengan berbagai pemaparan dan diskusi yang telah dilakukan, Ketua KPU Kota Kediri menyampaikan terimakasih dan mendoakan Pemilihan Walikota Batu pada 15 Februari 2017 dapat berjalan lancar, dan dapat menghasilkan Walikota dan Wakil Walikota Batu yang amanah dan dapat membangun Kota Batu dengan baik serta mensejahterakan warga kota Batu. (SUB)