Salah satu agenda Studi Kepemiluan KPU Kota Kediri di Kota Bandung adalah mengunjungi KPU Provinsi Jawa Barat, tujuan utamanya tidak lain adalah untuk melihat dan belajar langsung tata ruang dan penyajian alat peraga pemilu yang dibuat dalam bentuk Rumah Pintar Pemilu (RPP), hal ini sebagai tidak lanjut dari Program Kerja KPU Kota Kediri yang juga harus menyediakan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di tahun anggaran 2017, meskipun beda jumlah anggaran yang diterima antara KPU Kab/Kota dan KPU Provinsi, namun tidak ada salahnya juga, perlu untuk tahu bentuk jadi RPP di KPU Provinsi Jawa Barat, diantara catatan yang menjadi sorotan penulis adalah :

1. Front Office RPP.
Front Office RPP di KPU Provinsi Jawa Barat, cukup bagus, sudah dilengkapi mebelair standar layanan publik, dibelakangnya juga dilengkapi rak-rak dengan tutup kaca berisikan tentang majalah, buku-buku dan brosur tentang Pemilu dan Penyelenggara Pemilu (KPU).

2. Papan Informasi

Papan Informasi berisi Informais tentang Sejarah Pemilu, Denah TPS, Penyelenggara Pemilu, Presiden dan Wakil Presiden sejak kemerdekaan, dll, sudah standar seperti format dari KPU RI dan beberapa foto yang disesuaikan dengan desain ruangan, namun yang menarik adalah pemasangannya. Dengan memanfaatkan jendela kaca ruangan yang ada, papan informasi diletakan di jendela menghadap ke dalam ruangan sehingga dengan cahaya matahari dari luar mampu memberikan kesan ligting yang bagus, seperti neon box.

3. Denah TPS atau Simulasi Pemungutan Suara.
Pada umumnya denah TPS cukup menggunakan maket TPS dalam bentuk miniatur, maka di RPP KPU Provinsi Jawa Barat, menggunakan ruangan besar untuk menempatkan patung-patung petugas KPPS, Saksi maupun para pemilih yang hadir untuk melakukan pencoblosan. Sehingga tampak lebih hidup menyerupai kondisi TPS aslinya.

4. Ruangan Audio

Ruangan AUDIO, didesain berbentuk jenjang tangga ke arah belakang, seperti layaknya ruangan gedung bioskop, hal ini cukup bagus bagi audien yang akan menyaksikan film dokumentasi maupun film tentang pendidikan demokrasi.

5. Ruang Pertemuan

Bentuk melingkar memudahkan untuk berdiskusi saling bertukar pendapat, tentang Pemilu maupun regulasi-regulasi terbaru tentang Pemilu.

RPP KPU Provinsi Jawa Barat memang penuh inspirasi, tapi tentunya anggaran yang diperlukan tidak akan cukup jika hanya mengandalkan APBN dari KPU,  dan memang ternyata, RPP yang bagus ini mendapat dukungan juga dari anggaran hibah Pemprov Jawa Barat yang besarnya cukup fantastik, jadi dengan anggaran yang ada, kita tunggu saja launching RPP KPU Kota Kediri.