Ketua KPU Kota Kediri dan Ketua KPU Kota Bandung bertukar cenderamata dalam Kunjungan KPU Kota Kediri ke KPU Kota Bandung (15/02)

Bandung-Menghadapi pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, KPU Kota Kediri melakukan studi lapangan keepemiluan pada 14-17 Februari 2017. Dalam Studi Lapangan kali ini, tempat yang dituju adalah KPU Kota Bandung, KPU Kota Cimahi dan KPU Provinsi Jawa Barat. Dalam Studi yang diikuti oleh Jajaran Komisioner, Sekretaris, Kasubag dan sejumlah staff KPU Kota Kediri ini, KPU Kota Kediri diterima oleh Ketua Kpu Kota Bandung Rifqi Almubarok. KPU Kota Bandung memberikan gambaran persiapan yang telah dilaksanakan untuk melaksanakan pilkada serentak tahun 2018. Dengan jumlah 30 kecamatan, 151 kelurahan, 3816 TPS, dan perkiraan 1,9 juta pemilih,  Ketua KPU Kota Bandung yang didampingi oleh Anggota, Sekretaris dan jajaran sekretariat menjelaskan bahwa KPU Kota Bandung telah membangun kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kota Bandung, sehingga ini menjadi salah satu modal utama pelaksanaan pilkada di Kota Bandung. Dengan sama-sama melaksanakan pemilihan walikota dan pemilihan gubernur pada 2018 nanti, studi lapangan di Kota Bandung ini menjadi salah satu sarana KPU Kota Kediri melakukan komparasi persiapan pelaksanaan dan perbaikan atas segala kekurangan yang dirasa masih ada.

Suasana Penghitungan Suara di salah satu TPS pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cimahi 2017 (15/02)
Suasana Rekapitulasi Suara di Kecamatan Cimahi Tengah (16/02)
Suasana Scanning C1 di KPU Kota Cimahi (16/02)

Setelah menjejakkan kaki di KPU Kota Bandung, rombongan KPU Kota Kediri kemudian melanjutkan perjalanan ke KPU Kota Cimahi yang ketepatan pada 15 Februari 2017 melaksanakan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cimahi 2017. Di KPU Kota Cimahi ini, Ketua KPU Kota Kediri berharap dapat memperoleh gambaran persiapan hingga pelaksanaan yang telah dijalankan oleh KPU Kota Cimahi dan kendala yang dihadapi mulai penganggaran, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban kegiatan tahapan pilkada serentak.

Ketua KPU Kota Kediri melihat Rumah Pintar Pemilu KPU Provinsi Jawa Barat (16/02)

Studi lapangan yang dilaksanakan kali ini tidak hanya berkutat pada persiapan dan pelaksanaan pilkada saja, namun juga dimanfaatkan untuk melihat pengelolaan PPID, Media Center dan Rumah Pintar Pemilu (RPP). KPU Kota Kediri yang belum memiliki melihat RPP di KPU Kota Bandung dan RPP KPU Provinsi Jawa Barat. Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofiq berharap KPU Kota Kediri dapat menyerap sejumlah pengalaman atas pengamatan lapangan ke RPP di KPU Kota Bandung dan KPU Provinsi Jawa Barat. “Setelah studilapangan ini, saya juga berharap kita bisa membentuk Rumah Pintar Pemilu yang baik walau mungkin tidak sama dengan yang dimiliki KPU Jawa Barat, namun tentunya standar yang telah ditetapkan oleh KPU RI bisa kita penuhi dengan baik” ungkapnya. (AN/SUB)