Arbayanto, Anggota KPU Provonso Jawa Timur didampingi Komisioner KPU Kota Kediri dan Kepala BNN Kota Kediri memotong pita peresmian Rumah Pintar Pemilu Kilisuci (31/03)

Kediri-Sebagai pembuktian langkah maju yang terus dilaksanakan, KPU Kota Kediri pada Jumat (31/01) meluncurkan Rumah Pintar Pemilu dengan nama RPP Kilisuci. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah pihak terkait antara lain Pimpinan Partai Politik di Kota Kediri, BNN, SKPD dan organisasi kepemudaan, terlaksana cukup meriah. Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Arbayanto dalam kesempatan tersebut meresmikan Rumah Pintar Pemilu Kilisuci yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti peresmian.
Arbayanto dalam sambutannya menyatakan bahwa Rumah Pintar Pemilu ini adalah salah satu media yang digunakan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat terkait kepemilian. “Kepercayaan masyarakat kepada KPU sangat penting, karena KPU sebagai penyelenggara pemilu harus dapat dipercaya oleh publik sebagai lembaga penyelenggara mekanisme pergantian kekuasaan secara damai dan konstitusional, salah satu yang bisa dilaksanakan adalah selain pelaksanaan pemilu itu sendiri, KPU juga memiliki kepentingan untuk memberikan pendidikan kepada pemilih, keberadaan rumah pintar pemilu ini salah satu medianya” ungkapnya.

Sementara itu, sejumlah pimpinan partai politik yang turut hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan sangat mengapresiasi KPU Kota Kediri. Djaka Siswa Lelana, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Kediri menyatakan bahwa RPP ini adalah satu terobosan penting yang dilakukan oleh KPU Kota Kediri untuk memajukan kualitas pemilu dan kualitas kesadaran politik masyarakat pemilih di Kota Kediri, saya berharap akan banyak siswa-siswa sekolah yang pra pemilih maupun yang sudah menjadi pemilih bisa mengakses RPP Kilisuci untuk menumbuhkan kesadaran politiknya, dan kedepannya, kita bisa mewujudkan pemilih yang mampu menolak politik uang dalam setiap kegiatan pemilihan”. Juwito, Ketua DPD Partai Golkar Kota Kediri juga menyatakan salut dengan langkah KPU Kota Kediri ini. “ini sangat baik dalam rangka peningkatan kualitas pemilih dalam pilkada dan pemilu, pendidikan politik ini perlu direalisasikan secara nyata dan kongkrit, sehingga perlu keterlibatan seluruh elemen baik partai politik maupun penyelenggara pemilu itu sendiri” ungkapnya.

RPP Pemilu Kilisuci sendiri memiliki fasilitas Perpustakaan, papan informasi yang tertempel di dinding maupun yang bisa diakses melalui layar sentuh yang disediakan. Selain itu, juga dilengkapi ruang audio visual yang dapat digunakan untuk melihat film, bermain game kepemiluan, maket Tempat Pemungutan Suara, Papan Selfie dan sejumlah fasilitas lainnya. RPP Pemilu ini juga bisa diakses oleh masyarakat umum setiap hari kerja tanpa dipungut biaya. (SUB)