Gubernur Jawa Timur Sukarwo bersama Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali di Gedung Negara Grahadi Surabaya (2/5) dalam koordinasi dengan KPU dan sejumlah pihak lainnya dalam rangka pengecekan persiapan Pilkada Serentak 2018.

Surabaya-Bertempat di Gedung Negara Grahadi,  Jalan Pemuda Surabaya, Selasa (02/05) Komisi II DPR RI melakukan pengecekan kesiapan KPU Jatim dan KPU Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018. Ketua KPU Jawa Timur dan Ketua KPU Kabupaten/Kota hadir dalam acara tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Komisi II menanyakan terkait pelaksanaan Naskah Perjanjian Hibah Daerah antara Pemerintah dengan KPU di masing-masing daerah, langkah KPU dalam menyikapi kampanye melalui media sosial, Penduduk yang telah memiliki E-KTP, Persiapan KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih, jaminan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara serta kesiapan koordinasi Penyelenggara Pilkada dalam hal ini KPU dan Bawaslu dengan sejumlah stakeholder seperti TNI/Polri dan pihak lainnya.

Seperti diketahui, KPU RI telah menetapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018. Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali memerlukan informasi persiapan yang telah dilaksanakan oleh KPU dan Pemerintah Daerah dalam rangka mensukseskan perhelatan akbar tersebut. Selain itu, Zainudin Amali juga menekankan perlunya langkah efisiensi anggaran dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018. “Terkait Pilkada 2018 ini, kami berkoordinasi dengan Pemprov, Bawaslu, dan KPU terkait efisiensi anggaran pada Pilkada Jatim mendatang. Kita sebisa mungkin mampu mengefisienkan dari segi waktu, penyelenggaran, dan anggaran” ungkapnya. (SUB)