NPHD means – Naskah Perjanjian Hibah Daerah

Kediri-Mematangkan persiapan Pilkada 2018, KPU Kota Kediri mempersiapkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang akan diajukan kepada Pemerintah Kota Kediri dalam Pleno yang dihadiri oleh Ketua dan 4 orang Komisioner besreta Sekretaris dan 4 (empat ) Kasubbag pada Senin (8/05) di Kantor KPU Kota Kediri. NPHD merupakan hal yang sangat krusial sehingga memerlukan ketelitian dalam pembahasannya, karena merupakan dasar bagi Pemerintah Kota Kediri menyalurkan Dana Pilkada 2018 dan dasar KPU Kota Kediri menerima Hibah Pilkada.

“NPHD ini kita bahas secara internal dulu sebelum kita ajukan kepada Pemerintah Kota Kediri, setelah kita ajukan Pemkot Kediri bisa membahas dan memberikan koreksi bersama KPU Kota Kediri sebelum ditandatangani oleh Walikota Kediri” ujar Agus Rofiq, Ketua KPU Kota Kediri.

Penyelenggaraan Pilwali 2018 sendiri direncanakan oleh KPU Kota Kediri membutuhkan anggaran sebesar 15,1 Milyar Rupiah. “Dalam NPHD ini sendiri kita atur klausul berapa kali pencairan dan kapan akan dicairkan, hak dan kewajiban masing-masing pihak, besaran  dana pilkada, dan pengembalian sisa anggaran jika ada” imbuh Ketua KPU Kota Kediri.

 

Upaya yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri untuk Menyongsong Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri Tahun 2018 sangatlah besar, setelah terlaksananya penyusunan RKB dan RAB maka tibalah saatnya Pembahasan draf NPHD dilakukan, hal itu dilaksanakan sebelum melakukan Audiensi dengan Pemerintah Kota Kediri yang selanjutnya kesepakatan antara Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri dan Pemerintah Kota Kediri terlaksana untuk selanjutnya akan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Yang dijadwalkan paling awal bulan Mei ini dan paling akhir di pertengahan bulan Juni 2017. ( HN)