Ketua KPU RI memberi pengarahan dalam Rakor Perencanaan Pengadaan Logistik Pemilu pada 09/05 di TKBR Lamongan

Lamongan- Memasuki persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019, KPU Provinsi Jawa Timur mengadakan Rapat Koordinasi Perencanaan dan Pengadaan Barang/Jasa Kebutuhan Logistik Pemilu/Pemilihan di Tanjung Kodok Beach Resort Lamongan ppada 9-10 Mei 2017. Acara ini sendiri dibuka langsung oleh Ketua KPU RI Arief Budiman. Dalam pengarahannya, Arief Budiman mengharapkan pengadaan barang dan jasa Pemilu/Pemilihan direncanakan dan diadakan secara tepat jumlah dan tepat guna serta sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada. “Jangan sampai terjadi masalah hukum di belakang hari dalam pengadaan barang dan jasa Pemilu/Pemilihan, karena beberapa daerah terjadi masalah hukum, sehingga saya harap ini bisa jadi pelajaran yang sangat berharga” ungkapnya.

Mantan Anggota KPU Provinsi Jatim ini juga merasa prihatin dengan sejumlah pihak di sejumlah daerah yang terjerat kasus hukum akibat pengadaan barang dan jasa. “KPU Kabupaten/Kota dan KPU Provinsi harus memiliki data yang valid terkait kebutuhan logistik dan harus bisa dipertanggungjawabkan, karena kita dipantau banyak pihak” tukasnya.

Arief Budiman juga membeberkan bahwa penyelenggaraan pemilu/pemilihan di Indonesia kini menjadi rujukan sejumlah negara. “Penggunaan aplikasi SITUNG, SIDALIH, SILOG memikat perhatian sejumlah negara, karena kita mampu menghimpun data secara kolosal, dan ini menjadi salah satu sejarah prestasi pemilu kita yang harus terus kita tingkatkan, dan anda semua menjadi bagian dari sejarah tersebut” apresiasinya. (SUB)