“Satlinmas memiliki tugas yang sangat penting, tidak hanya melindungi masyarakat secara umum, dalam Pemilu Satlinmas harus siap sedia, menjadi pengamanan utama. Distribusi logistik, baik itu surat suara, kotak suara, bilik suara, maupun perlengkapan Pemilu yang lain ketika dikirim pada H-1 Pemilu, Satlinmas harus standby di tempat. tidak hanya siang, bisa jadi logistik pemilu itu sampai di TPS pada malam hari, karena banyaknya lokasi TPS yang menjadi tujuan pengiriman”, demikian penjelasan Agus Rofiq, Ketua KPU Kota Kediri dalam acara Siap Siaga Satlinmas Kota Kediri sekecamatan Mojoroto, di kelurahan Darmo (12/05).

Tidak hanya saat H-1 di TPS, Satlinmas nanti merupakan ujung tombak pengamanan saat penghitungan suara baik di TPS maupun di Kecamatan. Selain itu, Satlinmas harus tahu betul kapan saatnya Kotak suara itu boleh dibuka, dan belum boleh dibuka. Karena kesalahan yang terjadi akibat Kotak Suara dibuka tidak pada saat yang tepat, bisa menjadikan kericuhan masyarakat. Karena bagi masyarakat secara umum hal itu tentunya dianggap adanya indikasi kecurangan, meskipun kenyataannya hal itu terjadi karena ketidaktahuan aturan bukan karena kesengajaan.

Gus Rofiq, sapaan Ketua KPU Kota Kediri, juga menyinggung soal honor Satlinmas ketika harus mengamankan kegiatan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS dan Kecamatan. Mendengar honor yang cukup menarik, sontak, semua peserta yang 95% anggota Satlinmas bersorak semangat, apalagi sebelumnya mereka mendapat informasi dari Walikota Kediri bahwa mereka juga akan mendapatkan honor tiap bulan terhitung mulai Januari 2017.