Sekretaris KPU Prov Jatim Eberta Kawima memberikan pengarahan kepada PPK dan Bendahara KPU Kabupaten/Kota se-Jatim pada 20/06 di Kantor KPU Jatim. (SUB)

Surabaya-Mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018, tak hanya sekedar membuat program dan tahapan saja, akan tetapi ada hal krusial yang harus menjadi perhatian adalah terkait masalah keuangan. Untuk mempersiapkan pengelolaan keuangan, KPU Jatim menyelenggarakan Rapat Teknis dengan Pejabat Pembuat Komitmen dan Bendahara KPu Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Dalam acara yang dilaksanakan di Kantor KPU Jawa Timur pada Selasa (20/06) ini dibuka oleh Ketua KPU Jawa Timur Eko Sasmito. Eko menjelaskan bahwa KPU memberikan perhatiak khusus pengelolaan dana hibah pilkada, karena tahun 2016 KPU belum berhasil memperoleh WTP karena masalah pengelolaan dana hibah pilkada, sehingga perlu dilakukan persiapan yang baik.

Dalam rapat ini juga diisi oleh Kukuh Kurniawan, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil Ditjen Perbendaharan Prov. Jawa Timur. Kukuh menyampaikan materi mekanisme Pengelolaan Dana Hibah Langsung, menjelaskan terkait Tahapan pengesahan Hibah Langsung dalam Bentuk Uang yang meliputi Pengajuan Permohonan Nomor Register, Pengajuan Persetujuan Pembukaan Rekening Hibah, Penyesuaian (Revisi) Pagu Hibah dalam DIPA, Pengajuan Pengesahan ke KPPN. “Kami ingatkan, untuk KPU Kabupaten/Kota maupun KPU Provinsi yang akan mendapatkan dana hibah pilkada, bahwa dalam register dana hibah, yang dicatatkan adalah dana yang diterima atau yang telah ditransfer oleh pemberi hibah, bukan yang tertera di NPHD, soalnya ada kemungkinan misal dengan nilah NPHD 10 Milyar, ternyata yang ditransfer hanya 8 Milyar” ungkapnya.

Setelah materi pengajuan register dana hibah, acara diisi dengan pembekalan oleh Biro Keuangan KPU RI. Pemateri mengharapkan para bendahara secermat mungkin untuk mencatat setiap transaksi dana pilkada. “Jangan sampai ada transaksi yang tidak tercatat, karena yang jelas itu nanti akan menjadi masalah di kemudian hari dan menjadi temuan pemeriksa” tegasnya. (SUB)