Kediri, KPU Kota Kediri pada hari (2/10) melakukuan talkshow bertempat di Radio Wijang Songko Kediri. Terkait dengan persiapan pemilu 2019 antara lain pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur oleh KPU Kota Kediri. Materi disampaikan oleh Nurul Mamenun Divisi Hukum KPU Kota Kediri. Mamenun membahas persiapan yang dilakukan oleh KPU khususnya pada bulan Oktober ini dengan membuka rekruitmen PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara).

Pesyaratan pendaftar calon anggota PPK dan PPS sebagai berikut; WNI dibuktikan dengan ktp, berusia paling rendah 25 tahun, setia pada pancasila dan Undang undang Dasar, tidak atau sedang menjadi anggota partai politik, berdomisili di wilayah kerja PPK dan PPS, mampu secara jasmani dan rohani, berpendidikan minimal SLTA atau sederajat, tidak pernah dipidana, tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian oleh KPU/DKPP, dan terakhir belum pernah menjabat selama dua kali sebabagai anggota PPK atau PPS.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 12-14 Oktober 2017. Setelah berkas syarat pendaftaran terkumpul dan dilakukan seleksi administrasi peserta yang lolos akan diundang untuk mengikuti tes tertulis dan tes wawancara. Tes tertulis dilaksanakan tanggal 24 Oktober 2017 dan hasilnya diumumkan tanggal 26 Oktober 2018. Sedangkan tes wawancara dilakukan oleh peserta yang lolos pada tanggal 27-28 Oktober 2017. Pengumuman hasil seleksi diumumkan pada tanggal 30 Oktober 2017.

“Keberhasilan suatu tahapan pemilu bergantung dari kinerja badan adhoc (PPK dan PPS) itu sendiri. Oleh karena itu orang orang yang direkrut menjadi anggota badan adhoc itu sendiri merupakan orang orang yang profesional dan mampu menjalankan tugasnya,” tutup Nurul Mamenun. (HS)