Kediri – Kegiatan Bimtek penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) gelombang III dilaksanakan (03/11) di Kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) Bandung, Jawa Barat. Acara dibuka secara resmi oleh Ilham Saputro selaku divisi teknis KPU RI. Tujuan diadakanya Bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman yang sama mengenai aplikasi SILON baik dari KPU Pusat sampai KPU Kab/Kota.

Jenis aplikasi yang perlu dipahami oleh Divisi Teknis KPU di seluruh Indonesia meliputi, SIDAPIL, SIMPAW, SILON, SITUNG.  Indikasi aplikasi-aplikasi tersebut siap untuk digunakan adalah kesiapan dari sistem aplikasi, jaringan, dan Sumber daya Manusia (SDM). SILON 2018 kembali disempurnakan, ada beberapa penggabungan, yaitu, alur aplikasi, perubahan tampilan, penambahan fitur, penelitian administrasi, kegandaan, dan faktual, serta dapat melacak kronologis input/penghapusan.

Ujicoba langsung aplikasi SILON

Dalam acara Bimtek tersebut juga melangsungkan ujicoba aplikasi SILON baik dari Paslon perseorangan maupun dari Parpol. KPU Kota Kediri sendiri mengirimkan Divisi Teknis Pusporini Indah Palupi dan Naeli Himmah Irani untuk hadir di acara Bimtek tersebut serta melakukan ujicoba langusng aplikasi SILON tersebut. (Puspo)