Kediri – Pelaksanaan Bimtek Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018. Bimtek digelar di Harris Hotel & Convention Malang selama dua hari mulai dari tanggal 13-14 November 2017. Bimtek membahas Pengelolaan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih merupakan kegiatan urgent yang dilaksanakan dalam proses tahapan persiapan dalam pemilihan.

Khoirul Anam (Devisi Perencanaan dan Data) KPU Provinsi Jatim, menyampaikan dalam materinya bahwa Daftar Pemilih merupakan core bisnis utama KPU dengan tidak mengecilkan proses tahapan lainnya.

“Menurut saya mengapa  daftar pemilih menjadi penting dan merupakan core bisnis utama kpu? Pertama,  mulai dari pengelolaan DP4 hingga pemutakhiran daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat komlek memakan waktu dan berbiaya mahal; Kedua,  melibatkan banyak proses dan personal; Ketiga, Daftar pemilih merupakan sarana untuk melayani pemilih menggunakan hak pilih secara konstitusional;  Keempat, sebagai data untuk pengadaan logistik pemilu/pemilian; Kelima, daftar pemilih sebagai data untuk rekritmen petugas TPS dan panwas TPS; Keenam, daftar pemilih selalu menjadi sumber atau alasan mempermasalahkan hasil pemilu/pemilihan;  dan yang Ketujuh, daftar pemilih juga bisa digunakan untuk optimalisasi sosialisasi berbasis keluarga melalui PPDP (petugas pemutakhiran daftar pemilih),” tutup Khoirul. (SRT)