Kediri – KPU Kota Kediri (17/11) melakukan penyampaian hasil penelitian verifikasi administrasi Parpol peserta Pemilu 2018. Acara dilaksanakan di kantor KPU Kota Kediri dan dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri beserta jajaran, Panwas, dan Perwakilan Parpol. Tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk menyampaikan hasil dari verifikasi administrasi yang telah dilakukan oleh tim verifikator dari KPU Kota Kediri. Hasil tersebut berupa MS (Memenusi Syarat) dan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) terhadap daftar anggota yang telah disetorkan kepada KPU Kota Kediri.

Tim verifikator KPU Kota Kediri telah melakukan verifikasi terhadap 14 Parpol yang telah mendaftar dan telah mendapat surat tanda terima dari KPU RI dan KPU Kota Kediri. Partai PKPI ditangguhkan karena belum menerima surat tanda terima dari KPU RI.

Berbagai macama variabel yang menentukan hasil TMS, yaitu dinyatakan dengan angka 1 sampai angka 7. Untuk variabel angka 1 adalah PNS aktif, variabel angka 2 adalah anggota TNI aktif, variabel angka 3 adalah anggota Polri aktif, variabel angka 4 adalah masih belum berusia 17 tahun, variabel angka 5 adalah ganda internal, variabel angka 6 adalah ganda eksternal, dan variabel angka 7 adalah keterangan tidak jelas. Untuk variabel angka 1,2, dan 3 tim verifikator langsung mendatangi ke alamat yang bersangkutan.

Apabila Parpol setelah diumumkan hasil verifikasi administrasi telah mendapat  syarat minimal yaitu 287 (KTA dan KK) maka Parpol tersebut tidak perlu memperbaiki kembali. Namun, jika Parpol tersebut ingin memperbaiki juga diperbolehkan tetapi jumlah yang diperbaiki tidak boleh lebih dari jumlah TMS yang sebelumnya sudah didapatkan. Perbaikan dimulai dari tanggal 18 November – 1 Desember 2017.

“Parpol yang telah memenuhi syarat minimal yaitu 287 tidak perlu melakukan perbaikan, tetapi apabila ingin melakukan perbaikan juga diperbolehkan namun jumlah yang diperbaiki tidak boleh lebih dari hasil TMS yang telah diperoleh sebelumnya. Contohnya Partai Perindo memperoleh hasil TMS 114 jika ingin memperbaiki jumlahnya tidak boleh lebih dari 114. Perbaikan dimulai besok, tanggal 18 November – 1 Desember 2017,” tutup Nurul Mamenun Selaku Komisioner KPU Kota Kediri.