Kediri – “Pilgub Jatim Guyup Rukun” diusung sebagai tagline pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Bersama dengan  tagline tersebut genderang jimbe menandai peresmian tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

Peresmian tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 diselenggarakan di Jatim Expo Surabaya (29/11). Peresmian tersebut dihadiri oleh Forkopimda, KPU RI dan KPU Prov seluruh Indonesia, Bawaslu, DKPP, DPRD Provinsi Jawa Timur, BIN, KPU Kab/Kota se-Jawa Timur, Perguruan Tinggi, Tomas/Toga, BEM dan Media. Peresemian tersebut juga membahas penyusunan regulasi, sosialisasi, pembentukan PPK dan PPS di 38 kab/kota, peningkatan SDM melalui Rakir dan Bimtek bersama kab/kota, juga telah dilaksanakan penerimaan dokumen dukungan  calon perseorangan.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito memberikan sambutan dalam acara peresmian tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 dengan menjelaskan makna tagline “Pilgub Jatim Guyup Rukun”.

Tagline ini  dimaksudkan agar penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018 nanti berlangsung secara tranparan, demokratis, berintegritas dan terlaksana dengan penuh kebersamaan dan kerukunan. Jika Seandainya nanti ada permasalahan, harapannya dapat diselesaikan dengan elegan.” papar Eko Sasmito.

Selanjutnya Ketua KPU RI Arif Budiman menyampaikan materinya pada peresmian tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Arif Budiman membahas mengenai penyelenggaraan pemilihan tersebut.

“Ada dua hal yang perlu ditekankan kepada seluruh penyelenggara. Pertama terkait transparansi dan yang kedua integritas. Untuk membangun kepercayaan publik tentunya, seluruh tahapan harus dilaksanakan secara transparan dan berintegritas. Sistem yang telah dibangun KPU untuk mendukung agar hasil penyelenggaraan benar-benar berintegritas. Aplikasi Sitap, Sidalih, Silon, Situng itu semua merupakan upaya yang kita lakukan untuk mewujudkan agar  pemilihan yang kita selenggarakan  terlaksana secara transparan.” terang Arif Budiman.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penabuhan jimbe sebagai tanda telah resminya tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. (Suroto)