Kediri – KPU Kota Kediri memberikan materi pada acara sosialisasi administrasi kependudukan yang diadakan oleh Dispendukcapil Kota Kediri (11/12) di Lotus Garden Hotel. Acara sosialisasi ini dihadiri oleh sekretariat Dispendukcapil Kota Kediri serta jajaran, Wakil Walikota Kediri Lilik Muhibbah, Komisioner KPU Kota Kediri divisi Perencanaan dan Data (Renda) Anis Iva Permatasari, dan Gabungan Organisasi Wan­ita (GOW) Kota Kediri.

Acara sosialisasi dibuka dengan Tarian Gambyong Kediri. Selanjutnya Kepala Dispendukcapil Kota Kediri, Ida Indriyati memberikan laporan mengenai acara, dilanjutkan sambutan Lilik Muhibbah selaku Wakil Walikota Kota Kediri yang menandakan acara sosialisasi tersebut dimulai. Bu Lilik sapaan akrab Wakil Walikota Kediri ini menyampaikan tujuan acara sosialisasi ini diadakan. “Tujuan acara ini diadakan oleh Dispendukcapil Kota Kediri adalah supaya hadirin yang datang sekarang bisa mendapatkan informasi dari acara sosialisasi ini. Kemudian informasi yang telah diperoleh hendaknya disebar luaskan kepada kerabat dan tetangga sekitar, khusunya cara mengurus catatan kependudukan. Saya perlu tekankan, pengurusan catatan Kependudukan di Dispendukcapil gratis.” Ujar Bu Lilik. “Catatan kependudukan disini contohnya E-KTP, karena sebentar lagi bertepatan dengan Pilkada Serentak 2018.” tambahnya.

Anis Iva Permatasari selaku Komisioner KPU Kota Kediri divisi Perencanaan dan Data (Renda) menyampaikan agenda-agenda yang telah dilakukan oleh KPU Kota Kediri menjelang Pilkada serentak 2018 dan menyampaikan materi mengenai pemutakhiran data pemilih. “Saya minta Bapak dan Ibu hadirin, hendaknya mendorong kerabat dan masyarakat sekitar untuk membuat E-KTP jika belum memiliki, karena hal tersebut berkaitan dengan pemutakhiran data pemilih.”jelas Bu Iva sapaan akrab Anis Iva Permatasari. “KPU Kota Kediri juga sudah menyebarkan leaflet mengenai tahapan Pilkada Serentak 2018 ke seluruh kecamatan dan kelurahan se-Kota Kediri.”tambahnya. Bu Iva juga memberikan pesan kepada peserta sosialisasi untuk tidak Golput pada saat Pilkada Serentak 2018 dilaksanakan. “Saya meminta Bapak dan Ibu yang hadir sekarang untuk tidak Golput, dan tidak terpengaruh oleh orang lain yang bersikap apatis. Serta saya berpesan “Ojo milih opo, tapi milih o sopo” yang saya maksud adalah pilihlah walikota maupun gubernur berdasarkan kredibilitas orangnya.” tutup Bu Iva mengakhiri materinya.

Anis Iva Permatasari menyampaikan materinya di dhadapan peserta sosialisasi

Selanjutnya materi disampaikan oleh Bahtiar Alisamsul selaku Seksi Pindah Datang Penduduk dan Janik Kurniawati selaku Sekretaris Dispendukcapil Kota Kediri dan dilanjutkan tanya jawab dengan peserta sosialisasi. Acara sosialisasi administrasi kependudukan diakhiri dengan jamuan makan siang.