Kediri – KPU Kota Kediri melaksanakan kegiatan penyampaian hasil verifikasi administrasi masa perbaikan dan Bimtek verifikasi faktual yang diadakan di Kantor KPU Kota Kediri (12/12). Acara ini dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kota Kediri dan sekretariat KPU Kota Kediri beserta jajaranya, perwakilan Parpol, perwakilan Panwas, dan awak media. Tujuan acara ini adalah untuk menyampaikan hasil verifikasi administrasi perbaikan yang telah diserahkan kepada KPU Kota Kediri dan telah dilakukan verifikasi oleh tim verifikator dan Bimbingan teknis (Bimtek) mengenai verifikasi faktual yang akan dilaksanakan oleh KPU Kota Kediri.

Agus Rofiq selaku Ketua KPU Kota Kediri membuka acara dengan memberikan sambutan. Agus Rofiq menyampaikan bahwa KPU Kota Kediri telah melakukan langkah demi langkah pendaftaran Parpol peserta Pemilu 2018, mulai dari tingkat nasional hingga Kab/Kota yang telah menyerahkan Sipol dan telah melakukan perbaikan.”Malam hari ini adalah penyerahan hasil verifikasi administrasi masa perbaikan dan telah dilakukan verifikasi oleh tim verifikator beberapa waktu yang lalu.”tutur Agus Rofiq.”Oleh karena itu selamat datang dan selamat menyimak hasil verifikasi yang telah diperoleh.”lanjutnya mengakhiri sambutan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian hasil verifikasi. Nurul Mamnun selaku Komisioner KPU Kota Kediri divisi Hukum mengatakan ada beberapa partai politik yang melakukan perbaikan. “Partai politik yang melakukan perbaikan ada delapan partai politik antara lain, Partai Nasdem, Berkarya, Garuda, PSI, PDI Perjuangan, Hanura, Gerindra, dan PKB.”jelas Nurul Mamnun. “Berdasarkan hasil perbaikan yang diperoleh, 14 partai politik yang telah mendaftar berhasil lolos berdasarkan syarat minimal.”lanjutnya.

Acara selanjutnya adalah penyerahan berkas hasil verifikasi masa perbaikan kepada perwakilan partai politik dan Panwas.

Setelah penyampaian hasil verifikasi administrasi masa perbaikan telah usai, acara dilanjutkan dengan Bimtek Verifikasi Faktual. Nurul Mamnun menjelaskan ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika dilakukan verifikasi faktual.”Verifikasi faktual kemungkinan akan dilakukan pada partai politik yang baru. Partai Politik yang baru di Kediri antara lain, Partai Berkarya, PSI, Garuda, dan Perindo.”terang Nurul Mamnun.”Beberapa poin penting ketika verifikasi faktual adalah verifikasi faktual bertujuan untuk memastikan kebenaran dan keabsahan susunan kepengurusan partai Kab/Kota, pemenuhan 30% keterwakilan perempuan, keabsahan dan kebenaran alamat atau domisili kantor kepengurusan Parpol, dan keabsahan dan kebenaran anggota Parpol.”lanjutnya. Nurul Mamnun juga menjelaskan metode yang akan digunakan untuk verifikasi faktual nantinya. Metode yang digunakan adalah metode sensus dan metode sampel acak sederhana.”Data anggota parpol yang lebih dari 100 dan memenuhi syarat akan menggunakan metode sampel acak sederhan dan sebaliknya jika anggota Parpol kurang dari 100 yang memenuhi syarat maka akan digunakan metode sensus, yang akan mendatangi satu persatu anggota tersebut.”jelas Nurul Mamnun.

Acara penyampaian hasil verifikasi administrasi masa perbaikan dan Bimtek verifikasi faktual diakhiri dengan foto bersama.