Kediri – KPU Provinsi Jawa Timur menghadirkan 18 KPU Kabupaten/Kota dalam rangka rakor teknis pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon kepala daerah dan wakil daerah (28/12), bertempat di Hotel Yellow Surabaya.

Rakor (Rapat koordinasi) tersebut, fokus membahas tentang teknis pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon kepala daerah dan wakil daerah. Eko Sasmito selaku Ketua KPU Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakor ini baru bisa dilaksanakan, setelah KPU RI mengeluarkan Keputusan Nomor 231 Tahun 2017 tentang petunjuk teknis. “standartnya kemampuan jasmani dan rohani serta standartnya pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika dalam pemilihan Gubernur Wakili berkursi, Bupati wakil bupati dan/atau Walikota wakilwalikota”ujar Eko.

Rakor kali ini, KPU Provinsi Jawa Timur juga menghadirkan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Jawa Timur, BNN Jawa Timur, HIMPSI Jawa Timur dan Kepala RS dr Sutomo Surabaya, RS Saiful Anwar Malang dan RS Angkatan Laut Surabaya. M. Arbayanto Divisi Tehnis KPU Jatim  menyampaikan tujuan rakor dilaksanakan. “Hal itu bertujuan, agar dalam rakor kali ini bisa langsung merumuskan hal-hal yang sifatnya kongkrit teknis terkait banyak hal seputar pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon dari 19 kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur.”tandas Arbayanto. (AGR)