Kediri – Pendaftaran bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri telah resmi ditutup oleh KPU Kota Kediri (10/1) pukul 24.00. Samsul Ashar dan Teguh Juniadi menjadi bakal pasangan calon terakhir yang mendaftarkan diri. Bertempat di Kantor KPU Kota Kediri Samsul Ashar dan Teguh Juniadi beserta parpol parpol pengusul dan tim kampanye beserta simpatisan disambut oleh Komisioner KPU Kota Kediri beserta sekretariat dan jajaran dan Ketua Komisioner Panwas Kota Kediri.

Samsul Ashar dan Teguh Juniadi yang diusulkan oleh Partai PDIP dan HANURA datang ke kantor KPU Kota Kediri sekitar Pukul 17.00 WIB. Kedatangan bakal paslon ini tanpa disertai dengan berkas persyaratan pendaftaran, sehingga KPU Kota Kediri belum bisa langsung memeriksa berkas persyaratan dan harus menunggu. Berkas persyaratan pendaftaran yang tak kunjung datang membuat Samsul Ashar dan Teguh Juniadi beserta parpol pengusul undur diri dari kantor KPU Kota Kediri.

Samsul Ashar dan Teguh Juniadi beserta Partai PDIP dan HANURA selaku partai pengusul datang kembali untuk kedua kalinya ke kantor KPU Kota Kediri sekitar pukul 21.30 WIB. Kali ini bakal pasangan calon ini membawa persyaratan pendaftaran dan berkas tersebut langsung diperiksa oleh tim pemeriksa KPU Kota Kediri. Pemeriksaan berkas persyaratan tersebut berkaitan dengan kelanjutan Samsul Ashar dan Teguh Juniadi. Jika berkas persyaratan pendaftaran lengkap atau ada sedikit perbaikan makan bakal pasangan calon tersebut akan lanjut ke tahap pemeriksaan kesehatan, apabila berkas persyaratan kurang lengkap dan belum bisa melengkapi sampai dengan batas waktu pukul 24.00, maka bakal pasangan calon tersebut gagal untuk lanjut ke tahapan kesehatan.

Selama menunggu proses pemeriksaan berkas persyaratan selesai diperiksa, Samsul Ashar dan Teguh Juniadi dipersilahkan menyampaikan orasinya. Sebelum itu KPU Kota Kediri,  Agus Rofiq memberikan sambutan. Agus Rofiq mengucapkan terimakasih kepada hadirin yang telah hadir di kantor KPU Kota Kediri. “Kami ucapkan selamat datang di Kantor KPU Kota Kediri, semua yang hadir dalam rangka pelaksaan proses pendaftaran bakal pasangan calon, untuk selanjutnya kita proses dengan ketentuan yang ada.” “Partai PDIP dalam Pemilu DPR Kota Kediri tahun 2014  mendapatkan empat kursi, dan untuk Partai HANURA mendapat dua kursi, oleh karena itu sudah memenuhi persyaratan sehingga bisa mendaftarkan pasangan calon.”tambahnya. “Untuk itu kiranya memberikan waktu kepada KPU Kota Kediri untuk meneliti berkas yang diserahakan kepada kami. Pemerikasaan tersebut diikuti oleh LO serta tim kampanye untuk saling cross check berkas persyaratan yang telah diserahkan.”tandas Agus Rofiq mengakhiri sambutanya.

Selanjutnya, Samsul Ashar menyampaikan orasinya. “Malam kali ini , titik sejarah bagi saya untuk yang ketiga kali berdiri disini yang pertama dan kedua kali seperti ini (read : maju dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri), serta untuk ketiga kalinya sama. Semoga yang ketiga kalinya damai juga, karena mari kita jaga kondisifitas Kota Kediri.”ujar Samsul Ashar. “Terimakasih kepada Partai PDIP dan HANURA atas rekomendasinya dan kami akan bekrja keras. Mudahan-mudahan kedepannya kita bisa memenangkan Pilkada 2018.”lanjutnya. “Kami sudah berjanji dihadapan Partai PDIP dan HANURA, bahwa untuk Pilkada 2018 kami sebagai kader siap memenangkan Pilkada ini.”tandas Samsul Ashar mengakhiri orasinya. Setalah Samsul Ashar selesai memberikan orasinya, Teguh Juniadi selaku wakilnya turut memberikan orasinya. “Menurut saya Kota Kediri sebagai kota teladan bagi kota lainnya yang damai, dimana Pilkada bisa rukun tidak ada suatu gesekan atau apapun juga. Saya ingin sekali PDIP dan HANURA bisa memenangkan Pilkada tahun 2018 ini.”ujar Teguh Juniadi.

Penerimaan berkas persyaratan hasil pemeriksaan bakal pasangan calon dalam Pilwali 2018 Kota Kediri

Acara dilanjutkan dengan pengumuman hasil penelitian berkas yang dilakukan oleh tim dari KPU Kota Kediri terhadap berkas persyaratan yang telah diserahkan. Hasilnya adalah berkas persyaratan yang diserahkan Samsul Ashar dan Teguh Juniadi dinyatakan lengkap. Sehingga selanjutnya, bakal pasangan calon ini akan maju ke tahap pemeriksaan kesehatan. Setelah pengumuman, acara ditutup dengan menyanyikan lagu “Padamu Negeri” yang diikuti oleh seluruh hadirin yang datang di Kantor KPU Kota Kediri.  (Nata)