Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq (berkacamata) menyeragkan berkas hasil verifikasi faktual kepada Komisioner Panwas Kota Kediri, Mansur

Kediri – KPU Kota Kediri hari ini (12/01) melaksanakan acara penyampaian hasil verifikasi faktual Partai Berkarya dan Partai Garuda, bertempat di Rumah Pintar Pemilu, kantor KPU Kota Kediri. Acara ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri, serta sekretariat dan jajaran, ketua atau perwakilan dari Partai Berkarya dan Garuda, Panwas Kota Kediri. Acara ini dilaksanakan adalah untuk menyampaikan hasil verifikasi yang telah dilakukan oleh tim verifikator KPU Kota Kediri beserta Panwas, terhadap Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Sebelum menyampaikan hasil verifikasi faktual, Ketua KPU Kota Kediri memberikan sambuta. Agus Rofiq menyampaikan bahwa semua hasil yang akan diumumkan semua itu berdasarkan fakta hasil tim verifikator dan diawasi oleh Panwas. “KPU Kota Kediri sekedar melayani, yang membuat hasilnya MS (Memenuhi Syarat) atau TMS (Tidak Memenuhi Syarat) itu dari partai sendiri.”ujar Agus Rofiq. “Dan aturan yang ada merupakan aturan yang berlaku untuk seluruh Indonesia. KPU Kota Kediri hanya menjalankan Tupokasi saja.”tandas Agus Rofiq mengakhiri sambutanya.

Penyampain hasil verifikasi faktual ini ada beberapa poin penting yang telah diperiksa oleh tim verifikator KPU Kota Kediri beserta Panwas. Memastikan kebenaran dan keabsahan susunan kepengurusan partai Kab/Kota, pemenuhan 30% keterwakilan perempuan, keabsahan dan kebenaran alamat atau domisili kantor kepengurusan Parpol, dan keabsahan dan kebenaran anggota parpol. Poin -poin tersebut harus dipenuhi oleh Partai Berkarya dan Partai Garuda. Namun, jika ada beberapa poin tersebut belum terpenuhi Partia Berkarya dan Partai Garuda bisa melakukan perbaikan dengan batas waktu pada tanggal 26 Januari 2018.

Hasil dari penyampain verifikasi faktual Partai Berkarya, sebagai berikut ; kepengurusan partai MS (Memenuhi Syarat), keterwakilan perempuan MS (Memenuhi Syarat), domisili kantor atau alamat kantor MS (Memenuhi Syarat), keanggotaan partai total yang diverifikasi faktual 29 anggota ; 28 MS (Memenuhi Syarat) dan 1 TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

Sedangkan untuk Partai Garuda, kepengurusan partai MS (Memenuhi Syarat), keterwakilan perempuan BMS (Belum Memenuhi Syarat), domisili kantor atau alamat kantor MS (Memenuhi Syarat), keanggotaan partai total yang diverifikasi faktual 39 anggota ; 1 MS (Memenuhi Syarat) dan 38 TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq (berkacamata) menyerahkan hasil verifikasi faktual kepada Ketua atau perwakilan Partai Berkarya
Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq (berkacamata) menyerahkan hasil verifikasi faktual kepada Ketua atau perwakilan Partai Garuda