Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq (mengenakan batik berwarna ungu) berswafoto dengan Ketua Panwaslu Kota Kediri R. Yoni Bambang Suryadi (tengah mengenakan batik merah) dan Kapolres Kota Kediri, AKBP Anthon Haryadi (tengah berkacamata) beserta jajaran

Kediri – Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq, hari ini (17/1) menghadiri acara LAT PRA OPS MANTAP PRAJA SEMERU 2018 dalam rangka pengamanan Pemilukada serentak 2018, bertemapat di GOR Jayabaya Kota Kediri. Acara tersebut dihadiri oleh Kapolres Kota Kediri AKBP Anthon Haryadi, beserta jajaran kepolisian Kota Kediri, dan Ketua Komisioner Panwaslu Kota Kediri R. Yoni Bambang Suryadi.

Acara dibuka oleh AKBP Anthon Haryadi selaku Kapolres Kota Kediri. AKBP Anthon Haryadi menyampaikan terimakasih kepada hadirin yang sudah datang di acara tersebut. AKBP Anthon juga menyampaikan tujuan acara ini dilaksanakan.” Suatu kewajiban untuk kita melaksanakan acara ini sebagai bentuk persiapan untuk mengamankan Pemilukada serentak 2018,”ujar AKBP Anthon. “Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pengamanan Pemilukada serentak 2018 ada beberapa, pertama persiapan piranti lunak, kostum yang akan kita kenakan, persiapan pra operasi, dan siap kondisi Kamtibmas,”lanjutnya. AKBP Anthon Haryadi juga menyampaikan mengenai netralitas kepolisian khususnya kota Kediri terhadapa Pemilukada 2018 merupakan hal yang paling penting dan harus dijunjung oleh jajarannya.”Saya berharap Pemilukada 2018 bisa berjalan dengan aman, tertib, dan terkendali tidak ada gesekan-gesekan yang menyebabkan perpecahan,”pungkas AKBP Anthon Haryadi.

Selanjut Agus Rofiq selaku Ketua KPU Kota Kediri memamparkan materinya. Agus Rofiq menyampaikan bahwa KPU Kota Kediri membutuhkan bantuan pihak kepolisian untuk bisa membantu mengawal tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan dalam Pemilukada serentak 2018.”Sekarang saya merasa lebih tenang setelah digelarnya acara ini, karena melihat persiapan pihak kepolisian yang begitu matang dalam rangka mengamankan jalannya Pemilukada serentak 2018,”terang Agus Rofiq. “Sebentar lagi KPU Kota Kediri, pada tanggal 18 Januari 2018 akan mengumumkan hasil tes kesehatan yang telah dilakukan oleh paslon yang telah mendaftar ke KPU Kota Kediri, dan tanggal 18-20 Januari 2018 KPU Kota Kediri melaksanakan tahapan perbaikan berkas yang kurang terhadap paslon yanh telah mendataftar ke KPU Kota Kediri beberapa waktu yang lalu. Untuk itu kami meminta bantuan pengawalan dalam melaksanakan tahapan tersebut,”ujar Ketua KPU Kota Kediri yang menjabat selama tiga periode tersebut. Gus Rofiq (sapaan akrab Agus Rofiq) juga menyampaikan tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan KPU Kota Kediri yang tentunya harus terus mendapat pengawalan oleh pihak POLRES Kota Kediri. Agus Rofiq mengakhiri materinya dengan menyampaikan harapannya. “Saya berharap semua tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPU Kota Kediri bisa berjalan lancar, aman, dan tertib,”pungkas Gus Rofiq.

Agus Rofiq selaku Ketua KPU Kota Kediri menyampaikan materinya pada acara LAT PRA OPS MANTAP PRAJA SEMERU 2018 dalam rangka pengamanan Pemilukada serentak 2018

Pemateri terakhir dalam acara tersebut adalah R. Yoni Bambang Suryadi selaku Ketua Komisioner Panwaslu Kota Kediri, menyampaikan materi mengenai pengawasan partisipatif. R. Yoni Bambang Suryadi menyampaikan bahwa KPU Kota Kediri dan Panwaslu Kota Kediri selaku pihak penyelenggara memiliki peran dan tugas masing-masing. Panwaslu sendiri memliki tugas mengawasi tahapan-tahapan yang dilakukan oleh KPU Kota Kediri. ” Panwaslu Kota Kediri memiliki beberapa tujuan pengawasan antara lain, menegakan intergritas, menjaga kredibilitas penyelenggara, transparasi penyelenggara dan akuntabilitas hasil hasil Pemilu, mewujudkan Pemilu yang demokratis, dan yang terakhir adalah memastikan Pemilu sesuai dengan azasnya yaitu, Luberjurdil (Langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil),”pungkas R. Yoni Bambang Suryadi. (NT)