Komisioner KPU Kota Kediri (tengah) ber-swafoto dengan anggota PPK Kecamatan Mojoroto (berbaju oranye), anggota PPS Mojoroto (berbaju oranye), dan anggota PPDP (berbaju putih), selesai melaksanakn apel sebelum melaksanakan Coklit Serentak 2018, di halaman kantor KPU Kota Kediri

Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, hari ini (20/1) melaksanakan Coklit serentak 2018, yang akan dilaksanakan oleh PPDP didampingi oleh PPK dan PPS wilayah masing-masing. Sebelum melaksanakan Coklit serentak 2018 semua yang terlibat di dalamnya melaksanakan apel terlebih dahulu. PPK Kecamatan Mojoroto beserta anggota PPDP-nya mendapat kesempatan apel di halaman KPU Kota Kediri sebelum malaksanakan tugasnya. Untuk wilayah lainnya, KPU Kota Kediri telah mengutus sekretariatnya untuk menyebar di wilayah-wilayah yang akan dilaksanakan Coklit serentak 2018 dan bertugas memberikan arahan sebelum Coklit dilaksanakan serta mendampingi kegiatan tersebut.

Agus Rofiq Ketua KPU Kota Kediri memberikan sambutanya dalam kegiatan apel tadi pagi di halaman kantor KPU Kota Kediri. Agus Rofiq menyampaikan bahwa kegiatan pencoklitan ini merupakan kegiatan yang luar biasa. “Coklit serentak 2018 ini merupakan kegiatan yang luar bias, karena akan mendaftar orang-orang yang berhak mendapatkan hak untuk memilih. Daftar pemilih itu nantinya akan dipercaya oleh semua pihak, dan kegiatan ini menurut jadwalnya dilaksanakan mulai hari ini sampai dengan tanggal 18 Februari 2018,”jelas Agus Rofiq. “Ini semua adala perintah dari KPU RI dan kita harus melaksanakan hal tersebut.  Untuk anggota PPDP nantinya akan menjadi anggota KPPS pada Pemilu 2019,”tambahnya.

Selain itu,  Agus Rofiq juga memberikan pesan bagi semua anggota PPDP yang bertugas. “Baca baik-baik mengenai tata cara coklit. Serta saya berpesan agar anggota PPDP semuanya bisa bertugas sesuai dengan aturan yang ada, serta mari kita jaga netralitas kita selaku pihak penyelenggara pemilihan,”pungkas Agus Rofiq.

Kesempatan kali ini, tim dari KPU Kota Kediri mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan pencoklitan yang dilakukan anggota PPDP di wilayah Kelurahan Banjaran yang didampingi oleh PPK Kecamatan Kota. Untuk mencoklit orang nomor satu di Kota Kediri, yakni Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar. Kesempatan kali ini Pak Abu sapaan akrab Abdullah Abu Bakar memberikan kesempatan berbincang-bincang sekaligus disiarkan live Radio Andika FM via telepon. Berikut video pesan Pak Abu kepada masyarakat yang akan dicoklit oleh para petugas.

 

“Untuk menyiapakan kartu keluarga dan KTP, sehingga nanti mempermudahkan petugas-petugas dari pemutakhiran data itu untuk mencocokan semua, ini untuk kebaikan kita semua. Sehingga data yang dibuat pemilihan nanti betul-betul sesuai dengan realita yang ada.”

Abdullah Abu Bakar sedang dilakukan pencoklitan oleh anggota PPDP

 

setelah proses pencoklitan selesai, anggota PPDP menempelkan sticker sebagai bukti bahwa Abdullah Abu Bakar telah dicoklit oleh petugas