Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri melaksanakan acara sosialisasi tentang verifikasi partai politik pasca putusan MK dan pencuplikan sampel verifikasi keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2019, bertempat di kantor KPU Kota Kediri. Acara ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri beserta staff dan jajaran, ketua atau perwakilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kediri, ketua atau perwakilan partai politik yang ada di kediri, dan awak media.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofiq dengan menyampaikan rasa terimakasih kepada hadiri yang telah datang serta menyampaikan perlunya acara ini dilaksanakan. “KPU Kota Kediri perlu mensosialisasikan mengenai hal-hal yang masih hangat dan baru terjadi pasca putusan MK.” ujar Agus Rofiq. “Dalam waktu yang sesingkat singkatnya KPU Kota Kediri mau tidak mau karena tidak diberikan opsi memilih harus melaksanakan verifikasi terhadap partai politik yang ada di Kota Kediri, baik partai lama ataupun baru.”pungkasnya mengkahiri sambutan.

Acara inti pada acara ini disampaikan oleh Nurul Mamenun Komisioner KPU Kota Kediri divisi hukum. “Hari ini kita hadir dalam acara ini adalah menyampaikan sosialisasi mengenai PKPU No. 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, karena putusan MK tersebut harus kita laksanakan. Sebanyak 11 partai politik (PBB tidak menyerah daftar keanggotaan parpol) harus kita lakukan verifikasi.”terang Nurul Mamenun. “Mudah-mudahan waktu yang diberikan selama tiga hari bisa kita selesaikan proses verifikasi partai politik. Verifikasi mulai dilakukan dari tanggal 30 Janurai 2018 sampai dengan tanggal 1 Februari 2018.”tambahnya.

Berdasarkan PKPU No. 6 Tahun 2018 pasal 32 ayat 2 ada beberapa poin yang diperhatikan oleh partai politik, antara lain; kesesuaian naam ketua, sekretaris, dan bendahara atau sebutan lain pada susunan kepengurusan partai politik di tingkat Kabupaten/Kota dengan nama yanga tercantum dalam keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Politik atau keputusan Dewan Pimpinan Partai Politik tingkat Provinsi; keterperhatikan 30% (tiga puluh persen) keterwakilan perempuan pada susunan Pengurus Partai Politik tingkat Kabupaten/Kota; domisili kantor tetap pada kepengurusan Partai Politik tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan tahapan terakhir Pemilu; dan keanggotan Partai Politik paling sedikit 1,000 (seribu) orang atau 1/1.000 (satu perseribu) dari jumlah penduduk pada setiap kepengurusan Partai Politik Kabupaten/Kota.

Terakait dengan hal tersebut, KPU Kota Kediri telah menyusun jadwal verifikasi yang akan dilakukan terhadap partai politik nantinya sehingga partai politik bisa memperispakan. Partai PDIP, PAN. DEMOKRAT, dan GERINDRA akan diverifikasi pada tanggal 30 Januari 2018 pada pukul 09.30. Partai GOLKAR, PKS, PKB, dan NASDEM akan dilaksankan pada tanggal 30 Januari 2018 pada pukul 13.30. Untuk tanggal 31 Januari 2018 pada pukul 09.30, Partai HANURA dan PPP, dan untuk Pukul 13.30, Partai PKPI. Untuk Partai baru seperti PERINDO, PSI, dan Garuda akan dilakuakn verifikasi pada tanggal 6 Februari 2018, berbarengan dengan tahapan perbaikan partai politik yang telah terlebih dahulu dilakukan verifikasi.

Acara Selanjutnya adalah pencuplikan sampel verifikasi keanggotaan partai politik, yang dilakukan oleh ketua atau perwakilan partai politik.

Ketua atau perwaklian mengambil sampel yang akan digunakan untuk verifikasi faktual keanggotaan. untuk verifikasi faktual keanggotan diambil 5% dari jumlah KTA dan KTP yang MS (Memenuhi Syarat) yang telah diserahkan kepada KPU Kota Kediri
Ketua atau perwakilan Partai PDIP mengambil sampel verifikasi faktual keanggotaan
Ketua atau perwakilan Partai PKS (berbaju putih) didampingi Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofiq mengambil sampel verifikasi faktual keanggotaan
Ketua atau perwakilan Partai Gerindra (berbaju putih) didampingi Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofiq mengambil sampel verifikasi faktual keanggotaan
Ketua atau perwakilan Partai Golkar mengambil sampel verifikasi faktual keanggotaan
Ketua atau perwakilan Partai PKPI mengambil sampel verifikasi faktual keanggotaan
Ketua atau perwakilan Partai Demokrat mengambil sampel verifikasi faktual keanggotaan
Ketua atau perwakilan Partai Hanura (berbaju loreng biru-putih) didampingi Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofiq mengambil sampel verifikasi faktual keanggotaan
Ketua atau perwakilan Partai PKB mengambil sampel verifikasi faktual keanggotaan
Ketua atau perwakilan Partai PPP mengambil sampel verifikasi faktual keanggotaan

KB