Sidoarjo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa timur dalam rangka persiapan proses pengadaan perlengkapan pemungutan suara dan penghitungan suara pemilihan serentak 2018 mengadakan bimbingan teknis terkait dengan hal tersebut (24-25/1) di Sidoarjo.

Komisioner KPU Jatim divisi SDM dan partisipasi masyarakat Gogot Cahyo Baskoro membuka acara yang berlangsung dua hari tersebut. Pemateri dalam Bimtek tersebut datang dari berbagai lembaga, diantaranya Kejaksaan Tinggi terkait pencegahan tindak korupsi dalam proses pengadaan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terikat dengan tata cara pengadaan serta, dari LPSE KPU RI yang membahas tentang khusus pengadaan logistik pemilihan. Dalam sambutan pembukaannya Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan bahwa dalam proses pengadaan, mohon kepada Kabupaten/Kota untuk berhati-hati dan mempedomani aturan yang ada .”Harapannya kita bekerja secara normatif sesuai aturan yang ada, jangan sampai mencari “sesuatu” dari proses pengadaan barang dan jasa. Yang sudah kita terima “asalkan tidak kemrungsung” sudah cukup. Jadi tidak perlu mencari yg lain,”ujar Gogot Cahyo Baskoro. “Yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi, tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran dan tepat pemasangan terutama dengan alat peraga sosialisasi dan alat peraga kampanye,” pungkas Gogot Cahyo Baskoro mengakhiri sambutannya.

Ahmad Sujono KabagKul KPU Provinsi Jawa Timur

KPU Kota Kediri yang dalam kegiatan tersebut diwakili oleh komisioner divisi keuangan, umum logistik, Moch. Wahyudi, dan Kasubag umum, Ermawanto serta pejabat pengadaan, menanyakan dalam forum tersebut terkait perlakuan proses pengadaan dengan anggaran lebih dari 200 juta yang dalam penyusunan HPS ternyata nilai HPS nya dibawah 200 juta apakah tetap dilelang atau cukup penunjukan langsung. Pertanyaan tersebut dijawab oleh pemateri dari LKPP bahwa kalau nilai HPS dibawah 200 juta maka tidak perlu di lelang, tetapi perlu digarisbawahi bahwa nilai HPS yang kurang dari 200 juta tersebut dipastikan tidak ada indikasi untuk menghindari lelang.
Sampai dengan berita ini diunggah, acara masih terus berlanjut dan sesuai jadwal akan berakhir pukul 12.00 WIB. (Yud)