Bekasi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemungutan, Penghitungan Sura dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Sura Serta Sosialisasi Situng Pemilihan Serentak 2018. Kegiatan bimtek gelombang kedua ini dilaksanakan di Hotel Horison Bekasi ini turut serta sebagai peserta, KPU Kota Kediri yang diwakili oleh Divisi Teknis, Pusporini Endah Palupi, Kasubbag Teknis dan Hupmas, Arif Suryawan Siregar, dan Operator Situng, Zaenudin Mahfud.
Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini dimulai pada hari Rabu, 28 Februari sampai dengan 2 Maret 2018.

Hari pertama bimtek diawali dengan pembukaan dan beberapa pengarahan dari Ketua KPU RI, Arif Budiman menyampaikan beberapa point penting diantaranya :
1. KPU Kabupaten/Kota harus siap menyelesaikan proses Rekap Cepat Penghitungan Suara dan Scan Formulir C1 dalam waktu 24 Jam, setelah rekapitulasi penghitungan suara di tingkat KPPS.
2. Rekap Cepat merupakan bukti transparansi KPU, sebagai lembaga penyelenggara Pemilu yang berintegritas.
3. Marwah KPU sebagai penyelenggara Pemilu harus dijaga.

Hari Kedua, peserta kegiatan bimtek dibagi dalam beberapa kelas, yaitu Kelas Komisioner dan Kasubbag, serta kelas operator. Kelas komisioner dan kasubbag membahas tentang Daftar Inventarisasi Masalah terkait kebijakan dan regulasi dalam proses pemungutan, penghitungan serta rekapitulasi hasil pemungutan suara yang mungkin muncul berdasarkan PKPU 8 dan 9 tahun 2018. Kelas Operator lebih terkait tentang teknis penggunaan aplikasi rekap Excel dan Situng Dekstop dalam proses penghitungan suara. (Zein)