Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pesantren melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri Tahun 2018. Bertempat di Aula Kecamatan Pesantren, Kamis (8/3).

Kediri – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri Tahun 2018 dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pesantren, Kamis (8/3/2018) bertempat di Aula Kecamatan Pesantren. Rapat Pleno ini dihadiri Komisioner KPU, tiga pilar (Camat, Kapolsek dan Danramil), anggota PPK Kecamatan Pesantren,  Panwascam Kecamatan Pesantren, tim Paslon Walikota dan Wakil Walikota Nomor Urut 1, Tim Paslon Nomor Urut 2, serta tim Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Nomor Urut 1, hadir pula PPS se Kecamatan Pesantren.

Moch. Wahyudi, Komisioner KPU Kota Kediri divisi keuangan, umum dan logistik dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa  proses pemutakhiran data dan daftar pemilih ini belum berakhir  dan masih akan berlanjut.”Rekapitulasi DPHP di Tinggkat PPK akan dilaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat KPU dan  menetapkannya menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) KPU, yang selanjutnya KPU akan menyampaikan DPS ini ke PPS untuk dipasang di papan pengumuman,”ujar Moch. Wahyudi. “Harapannya masyarakat bisa mengecek langsung sudah terdaftar atau belum, mungkin saja apabila ada warga kota kediri yang kesingsal belum tercatat, atau mungkin ada yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih tapi belum tercatat dalam daftar sebagai pemilih, yang bersangkutan bisa mendaftarkan diri,”lanjutnya. Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang disampaikan ke tim Paslon, bertujuan agar tim paslon nantinya juga ikut bersama-sama mencermati, apabila ada konstituennya yang belum terdaftar maka bisa menginformasikan.

Rekapitulasi DPHP Kecamatan Pesantren dengan jumlah  Pemilih Baru sebanyak (5.422 pemilih); TMS (9.530 pemilih); Perbaikan Data Pemilih (3.779 pemilih) tersebar di 15 Kelurahan. Terhadap pemaparan rekalitulasi oleh PPK tersebut,  baik Panwascam maupun seluruh  Tim Paslon yang hadir semuanya menyatakan  menyetujui dan DPHP bisa disahkan. Rapat Pleno terbuka diakhiri dengan penyerahan Berita Acara beserta Lampirannya oleh PPK kepada ; KPU Kota Kediri, tim pasangan calon, dan Panwascam.

Penyerahan Berita Acara (BA) kepada Ketua KPU Kota Kediri (mengenakan jaket) yang diserahkan oleh anggota PPK Kecamatan Pesantren.