Pelaksanaan pengukuhan dan bimbingan teknis relawan demokrasi Pilkada serentak 2018, bertempat di kantor KPU Kota Kediri (11/3).

Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri melaksanakan pengukuhan dan bimbingan teknis relawan demokrasi Pilkada serentak 2018, bertempat di kantor KPU Kota Kediri (11/3). Acara ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri beserta sekretariat dan jajaran, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kediri, dan tentunya anggota relawan demokrasi berjumlah 25 orang.

Komisioner KPU Kota Kediri divisi keuangan, umum, dan logistik, Moch. Wahyudi menyampaikan terkait dengan Relawan Demokrasi bahwa, KPU prinsipny dalam melaksanakan sosialisasi mungkin melakukannya sendiri, maka dari itu KPU Kota Kediri membentuk Relawa Demokrasi (Relasi). “Relasi nanti itu akan membantu KPU Kota Kediri dalam rangka mensosialisasikan Pilkada serentak 2018 baik itu Pilgub Jatim maupun Pilwali Kota Kediri,”jelas Moch. Wahyudi. ” Relasi sejumlah 25 orang itu nanti, terdiri dari 4 segmen yang sudah dibagai yaitu, segmen agama, perempuan, pemilih pemula (SMA/Mahasiswa), serta kaum marjinal dan disabilitas,”tambahnya.

Tekait dengan materi bimtek Relawan Demokrasi (Relasi), Moch. Wahyudi menyampaikan bahwa prinsipnya Relasi disiapkan menjadi corong KPU Kota Kediri untuk sosialisasi terutama tatap muka, di dalam proses sosialisasi tersebut ada poin-poin penting yang harus disosialisasikan. “Pertama bagaimana pemilih itu bisa masuk ke dalam daftar pemilih, kedua adalah siapa pasangan calon yang ada di Kota Kediri, ketiga kapan proses pemungutan suara dilakukan, ke empat bagaimana tata cara supaya suara yang mereka berikan pada pemungutan suara  nanti sah,” pungkas Komisioner divisi keuangan, umum, dan logistik tersebut.