Bimtek pemungutan dan penghitungan suara  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri 2018, Kamis (15/3) bertempat di Aula Kelurahan Kaliombo.

Kediri – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri 2018 harus mencerminkan aksesibel. Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Kediri divisi teknis, Pusporini Indah Palupi pada saat memberikan materi Bimbingan teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan suara  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri 2018, Kamis (15/3) malam, bertempat di Aula Kelurahan Kaliombo Kota Kediri.

Acara Bimtek dibuka dengan sambutan Komisioner KPU Kota Kediri divisi hukum, Nurul Mamnun menyampaikan bahwa pemungutan dan penghitungan suara pada prinsipnya tidak ada banyak perubahan dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya, namun juga ada beberapa perubahan. Maka dari itu peserta Bimtek kali ini diharapkan memahami materi yang akan disampaikan oleh pemateri.

Selanjutnya, Pusporini Indah Palupi menyampaikan materinya. Ia menyampaikan bahwa Pilkada serentak 2018 harus aksesibel, yang artinya fasilitas yang disediakan harus mencakup semua kebutuhan pemilih, khusunya untuk kebutuhan penyandang disabilitas. Jenis aksesibel sendiri terbagi menjadi dua yaitu, aksesibel fisik, dan aksesibel non-fisik. Aksesibel fisik adalah segala fasilitas yang sifatnya berkaitan dengan benda atau fisik, sedangkan non-fisik segala fasilitas yang kaitannya dengan informasi.

“TPS harus aksesibel, PPK dan PPS harus mengawasi pembuatan TPS itu sendiri. Pemasangan DPT harus aksesibel juga dimana semua orang bisa membacanya, khusunya penyandang disabilitas. Serta KPPS harus memberikan servis yang baik kepada semua pemilih,”tutur Pusporini Indah Palupi.

Acara Bimtek pemungutan dan penghitungan suara  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri 2018, dilaksanakan selama tiga hari yaitu, tanggal 15-16 Maret 2018, dan tanggal 19 Maret 2019. Peserta Bimtek sendiri adalah seluruh PPS se-Kota Kediri dengan pembagian, tanggal 15 Maret 2018 diikuti oleh PPS se-Kecamatan Kota, tanggal 16 Maret 2018 diikuti PPS se-Kecamatan Pesantren, dan tanggal 19 Maret diikuti PPS se-Kecamatan Mojoroto.